Warga Cilukut Sambut Baik Program Kegiatan SLBM

LEBAK (Gerbang Banten) – Warga Kp.Cilukut Desa Cileles Kecamatan Cileles Kabupaten Lebak-Banten menyambut baik adanya program kegiatan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) DAK Penugasan, jenis pekerjaan Septic Tank komunal (Biotank) ini mengingat, program tersebut dapat digunakan untuk pengelolaan limbah cair di pemukiman padat penduduk, kumuh, dan rawan sanitasi.

Dikatakan Enggar Prasetia R selaku ketua KSM, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal ini merupakan sarana untuk mengolah limbah yang berbentuk cair misalnya limbah dari WC, dari air cuci ataupun dari kamar mandi dan merupakan program berbasis masyarakat dari Dinas PUPR melalui Bidang Cipta Karya Kabupaten Lebak

“Komponen Septic Tank Komunal juga terdiri atas unit pengolah limbah, terdapat juga jaringan perpipaan yaitu bak kontrol dan juga lubang perawatan, kemudian ada juga sambungan pipa ke rumah warga,”terangnya.

Disamping itu menurut Enggar panggilan akrab, Program Dinas PUPR yang dikemas dengan sebutan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) ini melibatkan masyarakat penerima mamfaat yang berpenghasilan rendah (MBR) dan melibatkan kaum perempuan dengan sebutan lain Pengarusutamaan Gender (PUG).

Sementara itu kepala desa Cileles Juherman menambahkan, Sangat mengapresiasi program SLBM. Harapannya semoga adanya program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) ini dapat digunakan masyarakat untuk pengelolaan limbah cair di pemukiman warga khususnya di Kp.Cilukut. pungkasnya.

Diketahui kegiatan SLBM tersebut semua unsur yang berada di desa Cileles terlibat mengawal seperti, Kepala Desa, Karang Taruna dan tokoh masyarakat setempat.(hd)

Bagikan di Media Sosial mu