Wagub Banten Apresiasi Gerakan Donor Darah oleh PMI, Polda & Korem 064 MY

BABTEN – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy meninjau gerakan donor darah yang digelar PMI Banten, Polda Banten dan Korem 064 Maulana Yusuf di Markas Polda Banten, Kota Serang, Selasa (9/3). Wagub mengapresiasi gerakan donor darah tersebut yang dinilainya sebagai kegiatan sosial bermotifkan kemanusiaan.

“Tentu saya mewakili Pemprov Banten mengapresiasi gerakan ini. Ini sebuah kegiatan kemanusiaan yang wajib didukung oleh semua pihak,” kata Andika kepada pers di sela-sela meninjau kegiatan tersebut. Tampak Andika ditemani Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho, serta Danrem 064 MY Brigjen TNI Gumuruh W.

Lebih jauh Andika mengapresiasi gerakan donor darah tersebut mengingat juga menggelar donor darah konvalesen, dimana donor darah untuk terapi pasien positif Covid-19 tersebut masih belum sepopuler donor darah biasa di kalangan masyarakat. “Ini sebagai upaya kita mensosialisasikan bersama donor darah konvalesen ini, sebagai upaya kita bersama memutus mara rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Menurut Andika yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PMI Banten, pihaknya kini sedang melakukan penggalangan darah plasma konvelesen dari para pendonor terutama dari masyarakat yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh. Plasma tersebut, lanjutnya, akan diberikan kepada pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Bagi orang yang sudah terjangkit positif Covid-19, kata Andika, ketika sembuh mempunyai antibodi yang cukup untuk merespon virus di dalam tubuhnya. Antibodi tersebut, bisa
disalurkan melalui plasma kepada pasien yang sedang dirawat. “Plasma ini sebagai sebuah terapi pendamping agar pasien memiliki antibodi,” imbuhnya.

Di wilayah Provinsi Banten sendiri, kata Andika, ada 3 Unit Donor Darah (UDD) PMI yang dapat dijadikan sebagai tempat donor darah plasma konvelesen yaitu UDD PMI Kota Tangerang, UDD PMI Kota Tangerang Selatan, dan UDD PMI Kabupaten Tangerang.

Senada dengan Andika, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heryawan Adi Nugroho mengimbau agar masyarakat beramai-ramai mendonorkan darahnya, baik donor darah biasa maupun donor darah konvalesen bagi pendonor yang pernah positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh.

Mengutip Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah, Kapolda menjamin PMI Banten akan melakukan proses kedua donor darah tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. “Ini ikhtiar kita bersama sebagai bangsa dalam melawan Covid-19, tentu Polri bersama elemen bangsa yang lain berada di garda terdepan mendukung dengan aksi nyata seperti yang kita lakukan hari ini,” katanya.(***)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.