Verifikasi Kampung Proklim RW 06 Gandasari Jatiuwung.

KOTA TANGERANG (gerbangbanten.co.id) –
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang tengah melakukan verifikasi terkait Program Kampung Iklim (Proklim), dari satu kampung ke kampung lainnya. Kali ini, tim DLH hadir untuk memverfikasi Kampung Proklim RW 06, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Jumat (26/11/21).

Kepala DLH, Tihar Sopian mengungkapkan dalam program ini tim DLH turun tangan melakukan pengecekan, penilaian dan pendalaman program di kampung tersebut, untuk menghadapi perubahan iklim, salah satunya hujan yang mengakibatkan banjir.

“Ini menjadi program tahunan, secara data kampung proklim di Kota Tangerang pun terus meningkat. Yang sudah ada kita jaga, kita tingkatkan dan yang belum ada kita bentuk. Hasilnya, kita lombakan dalam proses penilaian seperti yang kita lakukan saat ini,” ungkap Tihar, Jumat (26/11/21).

Sementara itu, Ari Purwanto, sebagai penggiat Kampung Proklim di RW 06, Kelurahan Gandasari mengungkapkan bersama warga ia mengembangkan 60 lubang biopori. Diantaranya 10 lubang besar 10 dan 50 lubang kecil.

Selain itu, setiap rumah juga dicanangkan untuk penanaman pohon atau penghijau. Program inovasi pengolahan sampah jadi kompos cair dan pupuk, pemilahan sampah botol untuk didaur ulang dan dijual. Pengolahan lahan tidur jadi budidaya tanaman sayur mayur hingga toga, gencarkan sedekah minyak jelantah bersama DLH.

“UMKM juga punya produksi teh bunga telang, yang Alhamdulillah sudah memiliki pasarnya. Secara program sudah cukup banyak, keaktifian dan kekompakkan warga cukup terlihat. Karena kita bisa konsisten mengembangkan kampung walau diterjang pandemi covid-19. Terpenting kampung kita berkembang, juara dihitung bonus saja,” jelas Ari. (Humas).

Bagikan di Media Sosial mu