TMMD Non Fisik Kodim 0510/Trs, Penyuluhan Mengembangkan Bisnis Pangan

TANGERANG-Bertempat di MTS Al Ishlahiyah Jambe Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0510/Trs menggelar kegiatan Non Fisik Ketahanan Pangan yang diikuti 20 pelajar.

Hadir sebagai narasumber atau pemberi materi Rike Tri KD, M.Si Dosen Unif Prasetya Mulya BSD. Dihadapan 20 orang pelajar Desa Jambe Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang, menjelaskan mengembangkan bisnis pangan. Senin, (5/7/21).

Menurut Rike bahwa kebutuhan manusia akan pangan tidak bisa dihentikan sebab terus berlangsung secara teratur.

“Sementara alam yang menghasilkan kebutuhan pangan tersebut memiliki periode terbatas. Pada saat inilah teknologi pangan berperan,” ucapnya.

Menurutnya teknik pengawetan yang dihasilkan dari teknologi pangan membuat berbagai bahan pangan bisa didistribusikan dengan baik dengan jangkauan yang lebih luas. Teknik inilah yang memungkinkan makanan khas sebuah negara bisa dinikmati juga di negara lain.

“Teknologi pangan juga dapat mendorong inovasi dalam menghadirkan banyak produk pangan terbaru yang kekinian, produk tersebut bisa diolah agar tetap memiliki keunggulan nutrisi, aman dikonsumsi serta mudah diakses,” jelasnya.

Dikatakannya contoh lain dari pemanfaatan teknologi pangan adalah pengawetan hasil tangkapan ikan. Teknik ini bisa digunakan untuk menghindari kerugian nelayan saat hasil ikan tangkapan mereka belum habis terjual.(*)

Bagikan di Media Sosial mu