TMMD Non Fisik Kodim 0510/Trs, Pemaparan Anatomi dan Variasi Normal Rongga Mulut

TANGERANG-Kegiatan TMMD ke – 111 Kodim 0510/ Trs Non Fisik Tahun 2021. Diadakan di Aula Kantor Desa Mekarsari Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang secara zoom meeting atau daring, yang di ikuti oleh 20 orang, yang terdiri dari ibu-ibu Posyandu Ds. Mekarsari Kecamatan Jambe, sebagai pembicara tentang Anatomi dan Variasi Normal Rongga Mulut adalah drg. Yati Yuliati Mahasiswa Program Pendidikan Gigi Spesialis Penyakit Mulut FKG UI.Jumat (9/7/21).

Dijelaskan oleg drg Yuliati mulut merupakan awal dari saluran pencernaan makanan.Di mana mulut menerima dan kemudian melumatkan serta mencerna makanan yang masuk sebelum akhirnya benar-benar dicerna oleh lambung.

“Makanan yang masuk ke dalam mulut akan melewati saluran pencernaan lain. Kemudian dicerna dan diserap di usus. Selanjutnya sisa makan akan dikeluarkan melalui anus,”ujarnya.

Menurutnya dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), mulut terbuka ke luar di bibir dan bermuara di tenggorokan di belakang. Batas-batasnya ditentukan oleh bibir, pipi, langit-langit keras dan lunak dan glotis.

Di mana itu dibagi menjadi dua bagian, yakni ruang depan, area antara pipi dan gigi, dan rongga mulut yang tepat.

Bagian terakhir sebagian besar diisi oleh lidah, otot besar dengan kuat berlabuh ke dasar mulut oleh frenulum linguae.

Dijelakan olehnya Rongga mulut merupakan bagian dari saluran pencernaaan, terletak di mana makanan akan di kunyah dan air liur juga diproduksi oleh tempat tersebut untuk membantu mendorong makanan agar bisa sampai di lambung.

Selain peran utamanya dalam asupan dan pencernaan awal makanan, mulut dan strukturnya sangat penting pada manusia untuk pembentukan bicara.

Struktur mulut, didalam rongga mulut terdapat beberapa struktur, gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

Gigi merupakan struktur utama mulut untuk merobek. Lalu menggiling makanan yang dicerna menjadi potongan-potongan kecil yang cocok untuk pencernaan.(*)

Bagikan di Media Sosial mu