TMMD 106 Di Lebak Bangkitkan Kearifan Lokal

LEBAK (Gerbang Banten) : Adanya Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 di wilayah Kodim 0603/Lebak membuat kearifan lokal di satu wilayah bangkit kembali yang tadinya hampir hilang di masyarakat setempat. Hal itu di ungkapkan Camat Cileles saat ditemui di Kantor Kecamatan. Jum’at (25/10)

Menurut Ahyani, Camat Cileles, Kearipan lokal itu seperti, swadaya masyarakat yang turut ikut serta bersama personel baik TNI maupun Polri bahu membahu mengerjakan pembangunan jalan di lokasi TMMD dan pembangunan sasaran lain yang termasuk pada program TMMD di Desa Cipadang dan Desa Pasindangan.

“Saya menemukan langsung ada warga yang merasa malu ,tidak enak karena tidak ikut swadaya yang akhirnya ia langsung ikut serta pada swadaya di kegiatan program TMMD,” jelasnya.

Dari situ kata Ahyani, Terbukti bahwa kearipan lokal bangkit karena antusias masyarakat yang ingin lakukan swadaya dengan rasa kesadarannya timbul sendiri. Selain itu lanjut Camat Cileles, TMMD juga berdampak positif, karena, selain pelaksanaan pengerjaan fisik ada kegiatan penyuluhan-penyuluhan kepada warga sehingga wargapun mendapat wawasan yang bermanfaat dari penyuluhan tersebut.

Sementara itu Danramil Cileles, Edi Sutawar membenarkan swadaya masyarakat di wilayahnya bangkit, Betul swadaya warga saat ini meningkat bahkan sangat baik agar swadaya warga bisa dipertahankan untuk selanjutnya TMMD tingkat lokal dilaksanakan.

“Di Cileles sebetulnya kegiatan jumsih sudah berjalan tetapi kenapa tidak kegiatan pengerjaan lingkungan pun bisa dikerjakan dan libatkan Koramil setempat,” ucapnya.

Lanjut Danramil Cileles, Kalau perlu alat berat di Kodim juga ada dan bisa dipinjam sebetulnya tinggal keseriusan Desa saja mau tidak menggerakan warganya.

“Misalkan pengerjaan lingkungan, Desa silahkan atur terkait swadaya masyarakatnya melalui RT, RW yang ada di wilayahnya. Kami dari Koramil tentunya akan bekerjasama dengan Kecamatan dan Mapolsek akan mendukung kegiatan tersebut agar sukses,”pungkasnya.(Handa)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.