Tingkatkan Layanan Kearsipan, DPAD Kota Tangerang Terima Kunjungan Tim Penilai Pengawasan Kearsipan Provinsi Banten

KOTA TANGERANG, (gerbangbanten.co.id) – Meningkatkan standarisasi kearsipan menjadi kategori lebih baik, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) menerima kunjungan dari tim penilai pengawasan kearsipan eksternal Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala DPAD Kota Tangerang bersama jajarannya, pada Jumat (21/7) kemarin.

Kepala DPAD Kota Tangerang, Engkos Zakarsyi, menerangkan kunjungan ini menjadi masa penilaian dan verifikasi factual terhadap formulir Audit Sistem Kearsipan Ekternal (ASKE) disertai dengan bukti pendukung kearsipan. Dimana sebelumnya Pemkot Tangerang terus menjaga standar kearsipan, salah satunya dengan adanya layanan terbaru yakni Layanan Enkapsulasi Arsip Tangerang (LANTANG).

“Seperti pada evaluasi ditahun sebelumnya, ada beberapa aspek yang dinilai pada pengawasan ini yaitu aspek kebijakan, aspek pembinaan kearsipan, aspek pengelolaan, dan aspek sumber daya kearsipan. Untuk itu kami akan terus melakukan audit internal serta pembinaan kearsipan dilingkup Pemkot Tangerang,” tuturnya saat dihubungi Selasa (25/7/23).

Engkos juga menyampaikan masa penilaian ini akan berlangsung hingga akhir tahun. Sehingga masih banyak yang harus dipersiapkan dari hasil evaluasi yang pada tahun lalu masih kurang maksimal. Seperti diketahui, DPAD Kota Tangerang pada tahun 2022 telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Banten terkait pengawasan kearsipan dengan kategori Baik.

“Kami telah berusaha untuk terus melakukan perbaikan terkait dengan pelayanan kearsipan di Kota Tangerang. Diharapkan tahun ini pembinaan dan pengawasan kearsipan dapat lebih ditingkatkan lagi. Sehingga, seluruh arsip daerah dapat terjaga, sesuai standar kearsipan nasional,” pungkasnya. (Humas)

Bagikan di Media Sosial mu