Targetkan 19.500 Orang di Vaksin Per Hari, Polda Banten Gandeng STIKES Faletehan

KOTA SERANG (gerbangbanten.co.id) – Polda Banten gelar rapat koordinasi (rakor) terkait persiapan pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal dengan target sebanyak 19.500 orang per hari.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho S.H.,M.H.,M.B.A, bersama Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs Ery Nursatari S.H.,M.H., dan diikuti oleh seluruh pejabat utama Polda Banten di Ruang Crisis Center, Jl. Syeh Nawawi Al Bantani No.76 Kota Serang. Rabu, (25/08/2021).

Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho S.H.,M.H.,M.B.A, mengatakan rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk membahas persiapan jajaran Polda Banten dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dengan target 19.500 per hari.

“Hari ini kita melakukan rapat koordinasi terkait persiapan pelaksanaan kegiatan vaksinasi di wilayah hukum Polda Banten,” ucap Kapolda Banten.

“Dimana rencananya kita akan melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan target sebanyak 19.500 orang per hari. Target ini sangat tinggi untuk kita yang hanya memiliki 6 Polres, untuk itu ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Termasuk tanggung jawab Kapolres dan Direktur dan Kabid juga harus ikut dalam mensukseskan vaksinasi 19.500 ini,” lanjutnya.

Kapolda Banten menyatakan bahwa menjelang pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini, Polda Banten akan menambah tenaga vaksinator.

“Untuk mencapai target 19.500 ini, harus ada penambahan tenaga vaksinator, tenaga vaksinator kita hanya 60 personel, ditambah dari STIKES Faletehan masuk menjadi relawan sebanyak 100 orang. Dan rencananya relawan STIKES Faletehan yang ke DKI akan ditarik ke wilayah hukum Polda Banten,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabiddokes Polda Banten Kombes Pol dr Agung Widodo Sp.M menjelaskan, untuk mencapai target 19.500 per hari dibutuhkan 400 orang tenaga kesehatan.

“Kemampuan vaksinator 4 orang/tim (pendaftaran, screening, injector, dan input data operator/ 2 nakes dan 2 sipil), 1 jam 5 orang, 6-9 jam > 150 peserta dapat di vaksin, jika target 600 orang dibutuhkan 4 tim, untuk target 1.200 dibutuhkan sebanyak 8 tim. Berarti untuk mencapai target 19.500 harus ada 130 tim per hari. Sedangkan di Polres jajaran hanya ada 1 tim dan untuk di Polda hanya ada 9 tim. Untuk itu rekan-rekan dari Polres agar merekrut tenaga di wilayahnya masing-masing untuk bisa mencapai target,” ucap Kabiddokkes Polda Banten.

“Saya rasa pembagiannya sudah cukup berkeadilan, nanti jika ada rekan-rekan Polres yang kurang dari target akan kami bantu, saya sudah hitung, untuk kebutuhan tenaga vaksinator total membutuhkan 400 orang, sudah dibantu oleh Ditpolair untuk tenaga non nakes, tinggal mencari bantuan nakesnya,” tutupnya. (Bidhumas)

Bagikan di Media Sosial mu