Tangerang Gemilang Book Fair 2024 Sediakan Ribuan Buku Murah

TANGERANG, (gerbangbanten.co.id) – Ribuan buku bacaan murah dipamerkan pada pagelaran Tangerang Gemilang Book Fair 2024 oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang di Mal Ciputra, Citra Raya, Rabu (17/]4/2024).

Di area pameran, sejumlah buku tertata rapi di area yang cukup luas. Para pengunjung leluasa memilih buku yang dijajakan pada Tangerang Gemilang Book Fair 2024 yang digelar selama satu bulan, 17 April hingga 17 Mei 2024.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Nurul Hayati mengatakan, pameran buku murah ini digelar untuk membangun budaya literasi anak-anak di Kabupaten Tangerang. Mengingat di era digitalisasi seperti saat ini minat baca anak terlihat sangat minim.

“Kami dari Disperpusip tentunya ingin meningkatkan kembali literasi dan minat baca khususnya untuk anak-anak di Kabupaten Tangerang. Budaya membaca ini harus kita digiatkan lagi melalui kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Pada pagelaran Tangerang Gemilang Book Fair ini, Nurul menjelaskan, Disperpusip menggandeng beberapa penerbit seperti Erlangga dan Bumi Aksara untuk menyediakan ribuan buku murah yang terdiri dari buku bacaan anak, novel, hingga buku keterampilan dengan harga mulai dari Rp 10.000.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan beragam lomba yang ditujukan untuk meningkatkan kreatifitas serta menyalurkan bakat anak, lomba tersebut diantaranya yakni Fashion Show, mewarnai, menulis, cipta lagu, membaca berkarya dan lain sebagainya.

Ia berharap, melalui kegiatan Book Fair ini dapat menarik minat masyarakat untuk menyukai buku dan rajin untuk membaca. Mengingat, dengan membaca memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya adalah menambah ilmu pengetahuan sekaligus meningkatkan kecerdasan khususnya pada anak – anak.

Tangerang Gemilang Book Fair diharapkan meningkatkan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) dan juga dapat menumbuhkan Indeks Pembangunan Litetasi Masyarakat (IPLM).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Mal Ciputra atas kesediaannya menyediakan tempat pada kegiatan pameran buku murah di Kabupaten Tangerang.

“Mengingat buku ini merupakan salah satu sumber pembelajaran pada anak, maka dari itu kami ingin memfasilitasi masyarakat agar bisa membeli buku dengan harga yang murah dan terjangkau. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen pameran ini sehingga nantinya dapat mendongkrak minat baca dan meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Desi (38) menyambut baik kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang. Menurutnya, kegiatan ini dapat membantu dirinya untuk mendapatkan buku bacaan anak yang murah.

“Untuk harga ya sangat relatif murah ya, bahkan ada diskonnya juga dan banyak buku buku bacaan untuk anak saya. Saya harap kegiatan ini harus rutin diselenggarakan untuk meningkatkan minat baca anak,” ujarnya.

(Diskominfo Kabupaten Tangerang/IQ/aN)

Bagikan di Media Sosial mu