Sosialisasi dan Serahkan Kartu Peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang Harap Para Petani Dapat Terlindungi Program Jaminan Sosial

TANGERANG, (Gerbang Banten) – BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi program jaminan sosial kepada Kelompok Tani Desa Jeungjing, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Senin, (22/08/2022).

Adapun sosialisasi ini bertujuan untuk menyampaikan berbagai manfaat, program, dan cara pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga dilakukan penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada kelompok petani peserta BPU dari program Perlindungan Pekerja Rentan yang diberikan oleh Kooperasi Abdi Kerta Raharja.

Saat ditemui, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, Ikbar Saloma mengatakan, melalui program jaminan sosial BPJAMSOSTEK dapat memberikan perlindungan bagi seluruh petani yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Hari ini kita baru saja melakukan sosialisasi program jaminan sosial kepada teman-teman Kelompok Tani yang berada di Desa Jeungjing. Dan ini merupakan salah satu upaya kami dalam melakukan pendekatan-pendekatan agar seluruh petani, bisa terlindungi oleh program BPJAMSOSTEK,” ucapnya.

Ikbar Saloma menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021, tentang ‘Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan’, bahwa manfaat program BPJAMSOSTEK ini, tidak hanya bagi para pekerja yang bekerja di suatu perusahaan atau badan usaha saja, namun juga untuk para pekerja bukan penerima upah seperti petani, pedagang, supir angkot dan lain-lain.

Ikbar Saloma menjelaskan BPJAMSOSTEK memiliki program berupa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) atau Jaminan Hari Tua (JHT). “Untuk itu, diharapkan seluruh petani yang ada di Kabupaten Tangerang bisa menjadi peserta BPJAMSOSTEK, sehingga teman-teman semuanya dapat terlindungi,” tutupnya.

Untuk diketahui, bahwa dalam sosialisasi ini dihadiri oleh Perwakilan Kooperasi Abdi Kerta Raharja, Sekretaris Desa, Penyuluh Pertanian Wilayah Cisoka, Ketua-ketua kelompok tani di Desa Jeungjing, dan petani dari perwakilan kelompok tani di Desa Jeungjing.

Bagikan di Media Sosial mu