Siswa SMP Kota Tangerang 73 Persen Sudah Tervaksinasi

TANGERANG ( gerbangbanten.co.id ) – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menggenjot angka capaian vaksinasi di Kota Tangerang. Tak terkecuali pada sasaran 12 – 17 tahun yang dimulai sejak 19 Juli lalu dengan target 95.737 pelajar tingkatan SMP/Mts. Diketahui, sampai saat ini vaksinasi tingkat SMP di Kota Tangerang sudah mencapai 73 persen dari target.

Jamaluddin, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik), Kota Tangerang mengungkapkan data terkini sudah 69.516 siswa sudah tervaksinasi dosis satu dan 7.762 siswa sudah tervaksinasi dosis dua. Sedangkan, yang belum tervaksinasi tercatat sekitar 26.042 pelajar.

“Sekiranya, sudah 26 hari vaksinasi pelajar berlangsung di Kota Tangerang. Kita laksanakan hampir setiap harinya dengan rata-rata 2.000 hingga 3.000 dosis dikeluarkan Dinas Kesehatan, dalam capaian kategori pelajar ini,” ungkap Jamal, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/8/21).

Ia pun menjelaskan, untuk mengejar 26 ribu siswa yang belum tervaksinasi, Dindik melakukan beragam sosialisasi dan pendekatan kepada siswa dan orangtua siswa, terkait pentingnya vaksinasi untuk kesehatan anak di massa pandemi covid-19 saat ini. Kata Jamal, Dindik Kota Tangerang akan terus memaksimalkan vaksinasi pelajar, sampai seluruh cakupan terpenuhi.

“Mereka yang belum vaksinasi, karena memang sekolahnya masih dalam daftar giliran, ada juga yang punya komorbit, ada juga yang masih belum dibolehkan dengan orangtuanya. Tapi kami, terus melakukan pendekatan dan sosialisasi terkait vaksinasi kepada sekolah, orangtua dan hingga para siswanya,” jelas Jamal.

Lanjutnya, jika vaksinasi sudah mencapai 100 persen, memang tidak menutup kemungkinan bisa dilakukannya pembelajaran tatap muka. Namun kata Jamal, hal tersebut masih harus menunggu situasi PPKM Kota Tangerang berada di level 2, serta adanya persetujuan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kota Tangerang.

“Untuk menempuh proses pembelajaran tatap muka pun, Dindik Kota Tangerang nantinya juga harus lebih dulu mengirim angket, terkait orang yang memperbolehkan atau tidaknya sang anak masuk sekolah tatap muka. Jadi, nantinya tidak ada pemaksaan dan selebihnya juga harus dipersiapkan lebih matang,” katanya.

Sebagai informasi, capaian vaksinasi Kota Tangerang hingga (12/8) sudah mencapai 688.389 jiwa pada dosis satu dan 372.604 jiwa pada dosis lengkap. Sedangkan untuk booster atau vaksin dosis tiga pada tenaga kesehatan mencapai 5.710 jiwa. ( Ratih )

Bagikan di Media Sosial mu