SELURUH PESERTA UN MADRASAH DI LEBAK MASIH IKUTI SISTEM UNKP

Lebak, Gerbang Banten – Seluruh siswa SLTA kelas XII minggu lalu telah menyelesaikan Ujian Ahir atau Ujian Nasinal (UN).Di Kabupaten Lebak masih ada sekolah yang melaksanakan UN dengan sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), Sedangkan yang lainnya telah mempergunakan sistim Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK).

Dari keseluruhan SLTS peserta UN di Kabupaten Lebak, untuk SMA dari 53 sekolah seluruhnya telah melaksanakan dengan sistem UNBK. Sedangkan untuk SMK dari 49 sekolah,hanya 14 sekolah yang masih UNKP.Sedangkan 35 lainnya sudah UNBK. Tapi untuk Madrasah Aliyah MA dari 76 sekolah seluruhnya masih dengan sistem UNKP.”Hal tersebut dimungkinkan karena sarananya belum ada, disamping itu juga hampir sebagian besar letak sekolahnya juga ada di daerah yang jauh dari jaringan.Tapi mudah mudahan untuk tahun 2018 kami harapkan seluruh peserta UN memakai sistem UNBK.sedangkan yang sarananya belum memadai di harapkan bergabung dengan yang sudah siap.”Ungkap Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Menengah Lebak Provinsi Banten Sargawi.

Dari keseluruhan pelaksanaan UN berjalan lancar,hanya ada di beberapa sekolah terutama yang di daerah peserta UNBK terganggu oleh padamnya aliran listrik,tapi tidak berlangsung lama dan tidak mempengaruhi jalannya ujian.

Mengomentari terkait dengan peserta UN Madrasah Aliyah ,Kementrian Agama Kabupaten Lebak melalui Ketua Kelompok Kerja Pengawas ( POKJAWAS) Nuryahya mengakui bahwa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah di bawah naungan Kemenag tidak selengkap dibandingkan dengan Dinas Pendidikan. Perhatian Pemerintah masih sangat kurang terhadap kami.”Di samping itu lingkungan pendidikan di kemenag menerapkan sistim zona,dimana kalau satu sekolah di satu zona menerapkan satu sistem maka harus semua sekolah di zona tersebut memakai sistem tersebut.sedangkan kondisi satu sekolah dengan sekolah yang lain di satu zona tetsebut masih sangat jauh perbedaannya,baik dari segi sarana,letak geografis maupun kemampuan tenaga pengajarnya.”ungkap Nuryahya.
Tetapi kami akan usahakan mudah mudahan untuk tahun depan ada peningkatan kearah yang lebih baik,tambah Nuryahya (yi)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.