Satgas TMMD ke 111 Gelar Plastik Untuk Persiapan Pengecoran Jalan Di Kampung Daraham

Kodam Jaya Tigaraksa – Program TMMD ke-111 tahun 2021 meliputi kegiatan fisik maupun non fisik, salah satu sasaran fisik yaitu pengecoran jalan beton sepanjang 785 meter di Kampung Darahan, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Sabtu (3/07/2021).

Dalam pengecoran ini Pasiter Kodim 0510/trs satgas TMMD ke-111 Kapten Arh. P. Siotang menyampaikan di gelarnya plastik ini untuk daya tampung dan air semen tidak berhamburan.

“Kita gunakan plastik sebagai alas kerja cor beton yang berhubungan dengan tanah, hal ini berfungsi untuk menahan agar air semen tidak merembes kedalam tanah, supaya kualitas hasil cor nya kuat” jelas Kapten Arh P. Siotang

Kata Siotang intinya fungsi dari plastik cor ini sebagai separator antara material adonan cor dengan tanah secara langsung, hal ini bertujuan untuk menghindari air campuran semen pada material cor tidak hilang karena meresap kedalam tanah.

Selain itu keuntungan menggunakan plastik sebagai lantai kerja cor beton, biaya lebih murah dibanding lantai kerja menggunakan screed atau cor beton berkualitas rendah. Pemasangannya lebih cepat karena tinggal menghamparkannya saja ke lantai. Selain itu plastik tergolong mudah didapat serta simpel dalam penyimpanan. Dan juga,
plastik rawan sobek saat proses pelaksanaan pekerjaan.

Bagikan di Media Sosial mu