Minggu, Desember 8, 2024
ARTIKELBANTEN

Respon Keluhan Masyarakat Tentang BPJS Ketenagakerjaan, Budi Rustandi : BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Pelayanannya Bagus dan Fasilitas Lengkap

SERANG, (gerbangbanten.co.id) – Ketua DPRD Kota Serang H. Budi Rustandi melakukan sidak (inspeksi mendadak) ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang. Senin, (10/06). Dari pantauan, Ketua DPRD Kota Serang H. Budi Rustandi tersebut langsung menyusuri seluruh area pelayanan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.

Saat ditemui, Ketua DPRD Kota Serang H. Budi Rustandi mengatakan kedatangannya terkait tindak lanjut pemberitaan yang mengatakan kurangnya pelayanan dan banyaknya antrian di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.

“Ada laporan dari masyarakat dan juga berita terkait pelayanan kurang bagus serta antriannya yang panjang di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang. Terkait hal tersebut, saya langsung melakukan sidak kesini,” kata Budi Rustandi.

Adapun hasilnya, lanjut Budi mengungkapkan bahwa pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang sangat bagus serta fasilitasnya lengkap.

“Dan hasil sidak saya kesini (Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang-red), ternyata tidak sesuai dengan faktanya. Bahwa saya lihat ternyata mereka buka gerbang itu dari jam 06.00 WIB pagi, dan mulai pelayanannya itu 07.30 WIB,” ungkapnya.

“Selain itu fasilitasnya juga lengkap, ada ruangan menyusui serta ruang transit. Kalo untuk pelayanan, bagi peserta yang klaim JHT melalui online (JMO dan Lapak Asik-red) bisa langsung cair. Serta bagi ibu menyusui dan manula itu didahulukan. Untuk itu, saya lihat manajemennya bagus banget,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa yang lama itu mencairkan klaim Jaminan Kematian (JKM). Hal tersebut dikarenakan pihak BPJS Ketenagakerjaan melakukan pengecekan terlebih dahulu. “Yang lama itu yang komplain kematian karena mereka harus mengkonfirmasi dulu, harus benar-benar. Agar BPJS Ketenagakerjaan tidak salah memberikan kepada ahli warisnya, itu yang lama. Kalau yang lainnya cuman 5 menit selesai,” ujarnya.

Terkahir, dalam sidaknya, Budi Rustandi menyarankan agar BPJS Ketenagakerjaan menambah layanan CSO di Kantor Cabang Pembantu yang ada di Lebak dan Pandeglang. Hal tersebut agar tidak adanya penumpukan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang.

“Ternyata BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang ini bukan hanya melayani orang Kota Serang saja, ada Lebak dan Pandeglang. Untuk itu, saran saya agar pihak BPJS Ketenagakerjaan menambah CSO-nya yang ada di Lebak dan Pandeglang agar masyarakat Lebak dan Pandeglang tidak perlu ke BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang,” ucapnya.

“Selebihnya untuk pelayanan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang ini sudah sesuai dan bagus banget pelayanannya. Apalagi tadi saya juga sudah ngobrol langsung ke masyarakat, tidak ada yang komplain,” tutup Budi.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Ahmad Fatoni menyambut baik atas saran yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Serang H. Budi Rustandi. “Terkait saran dari Bapak Ketua DPRD Kota Serang tentang penambahan CSO ini akan kami usulkan ke Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten,” kata Fatoni.

“Dan untuk mencegah antrian ini, kami sudah melakukan berbagai upaya, salah satunya membuka gerbang mulai dari jam 06.00 WIB, dan mereka bisa gunakan ruang transit. Dan saya pastikan semua yang datang ke kantor akan kami layani, kami tidak membatasi jumlah yang datang. Selama masih jam operasional pasti kami layani,” tegasnya.