PT. Pertamina Sertifikasi Manager Energi Batch 2 Di PPSDM KEBTKE

JAKARTA (gerbangbanten.co.id) – Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerjasama dengan PT. Pertamina menyelenggarakan Sertifikasi Manager Energi pada Industri Bacth-2, yang diikuti peserta rencananya sebanyak 43 (empat puluh tiga) orang.

Elin Lindiasari koordinator Penyelenggaraan dan Sarana Prasarana Pengembangan Sumber Daya Manusia menyampaikan kegiatan pelatihan sebagai pelaksanaan awal untuk melakukan sertifikasi manajer energi, mengingat wabah pandemic covid-19 yang tidak tahu pasti kapan berakhirnya. Maka metode pembelajaran diselenggarakan secara online melalui aplikasi Zoom, pada tanggal, 14 sampai dengan 16 Juni 2021.

“Ada pun, sebagai pengajar Pranawaningtyas T D, S.T., M.T., RR. Endang Widayati, S.T., M.T., Ir. Arief Indarto, M.M. Widyaiswara dari PPSDM KEBTKE”kata Elin.

Selain itu, Elin Lindiasari menyampaikan bahwa Kebijakan Konservasi Energi diimplementasikan dalam Program Diversifikasi Energi dan Efisiensi Energi, Program Efisiensi Energi dilakukan secara menyeluruh di seluruh sektor termasuk sektor Industri baik untuk industri pengguna energi maupun industri penyedia Energi. Potensi penghematan energi di sektor Industri sangat tinggi sehingga implementasi program efisiensi energi di sektor ini harus ditingkatkan diantaranya melalui penerapan Sistem Manajemen Energi, dimana kita menggalakkan konservasi energi sebagai salah satu upaya untuk bisa menghemat penggunaan energi di masa depan.

“Manajer Energi bertugas melakukan perencanaan konservasi energi yang meliputi antara lain penentuan target dan program konservasi energi, penyusunan prosedur operasi Konservasi Energi dan pelaksanaan Audit Energi, melaksanakan Konservasi Energi yang meliputi antara lain melaksanakan program Konservasi Energi, implementasi rekomendasi hasil Audit Energi, dan peningkatan kesadaran serta motivasi hemat energi bagi karyawan, melakukan pemantauan dan evaluasi yang meliputi pengukuran, pencatatan, penyiapan laporan dan usulan tindakan perbaikan pelaksanaan program Konservasi Energi,”jelas Elin (SA)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.