Pra Pelantikan, Kakanwil Beri Pengarahan Calon Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Provinsi Banten

Cilegon – Seorang Majelis Pengawas Daerah Notaris mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembinaan dan pengawasan notaris, karena sebagai lini terdepan dalam menghadapi berbagai permasalahan kenotariatan yang cenderung meningkat akhir-akhir ini.

Oleh karenanya, sebelum dilantik, Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Agus Toyib memberikan pengarahannya kepada Calon Anggota MPD agar dapat menjalankan perannya dengan baik, Senin (13/09).

” Saudara-saudari adalah orang-orang yang terpilih dari masing-masing unsur, baik itu dari pemerintahan, organisasi notaris, juga akademisi, serta tentunya telah memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 16 Tahun 2021. Saya yakin dan percaya saudara-saudari akan sanggup melaksanakan tugas dengan baik” ujar Agus

Lebih lanjut, Agus mengingatkan calon MPDN terkait dengan amanat Pasal 18 Ayat (2) Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 16 Tahun 2021. Jika seorang Anggota Majelis Pengawas tidak menghadiri rapat dan/atau sidang Majelis Pengawas sebanyak 3 (tiga) kali berturut-turut atau 6 (enam) kali tidak berturut-turut dalam masa 1 (satu) tahun jabatan, maka ia dapat diberhentikan dengan hormat dari jabatannya

”Sebelum Bulan September ini berakhir, Kementerian Hukum dan HAM bersama dengan Majelis Pengawas Wilayah dan Majelis Pengawas Daerah harus menindaklanjuti data yang disampaikan oleh PPATK mengenai daftar notaris yang memiliki resiko sangat tinggi dan tinggi terkait dengan dugaan tindak pidana pencucian uang” tutup Agus (Humas Kanwil Banten)

Bagikan di Media Sosial mu