PPSDM KEBTKE Dongkrak Penguatan Kapasitas Kompetensi Inspektur Ketenagalistrikan Jenjang Ahli Muda

JAKARTA (gerbangbanten.co.id) – Sejalan dengan pembangunan bidang ketenagalistrikan yang dibuktikan dengan semakin meningkatnya kapasitas dan jumlah infrastruktur tenaga listrik mulai sisi penyediaan (Supply Side) sampai dengan disisi pemanfaatan/pengguna (demand side), dan terus meningkatnya tuntutan pelayanan mutu, keandalan, kecukupan pasokan, keterjangkauan, keselamatan dan aspek lingkungan hidup tentu bukan menjadi hal yang ringan bagi Pemerintah.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia, Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) menyelenggarakan Pelatihan Fungsional Inspektur Ketenagalistrikan Jenjang Ahli Muda (Distance Learning) jumlah peserta sebanyak 29 orang yang berasal dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, dilaksanakan pada tanggal, 1 sampai dengan 16 Juli 2021

Laode Sulaeman, Kepala PPSDM KEBTKE dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai penguatan sumber daya manusia untuk peningkatan kapasitas kompetensi khususnya untuk inspektur ketenagalistrikan jenjang ahli muda.

“Pengelolaan ketenagalistrikan ini mengalami dinamika yang cukup pesat, dalam dua tahun terakhir ini dengan adanya undang-undang yang baru, pola pengusahaan dari sistem ketenagalistrikan banyak berubah, demikian juga dengan berkembangnya Deployment atau pengembangan Renewable energy sangat dinamis sekali, mulai dari Rooftop, PLTS terpusat, juga PLTS di atas permukaan air semua merupakan tantangan-tantangan ke depan yang perlu menjadi perhatian kita, itu dari sisi regulasi yang cukup dinamis” ungkap Laode.

“Dari isyu-isyu global, lambat atau cepat akan berpengaruh pada mekanisme atau pengambil keputusan pada sub sektor ketenagalistrikan, untuk memperkuat dalam mengawal kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, inspektur ketenagalistrikan dituntut lebih cerdas atau lebih pintar.”sambungnya.

Lebih lanjut, Laode menyampaikan bahwa Inspektur Ketenagalistrikan sebagai garda terdepan pengawasan keandalan dan keselamatan operasi instalasi tenaga listrik, dalam operasionalnya ke depan harus terus mengembangkan diri serta mendorong profesionalitas anggotanya yang mampu berdaya saing, dan adaptif terhadap dinamika global terlebih lagi dalam memasuki gerbang perkembangan teknologi dan industri 4.0, yang selain menjadi peluang juga sekaligus sebagai tantangan organisasi.

“Tujuan uji kompetensi ini, untuk melaksanakan pemenuhan kebutuhan jabatan fungsional pada tiap organisasi sesuai dengan data pengajuan tiap organisasi dan formasi, dan meningkatkan kinerja organisasi serta mengembangkan karier serta profesionalisme.”jelasnya.

“Sebagai lembaga pemerintah yang memberikan layanan kepada masyarakat, saat ini telah memiliki predikat sebagai wilayah bebas korupsi atau disebut WBK. Selain itu LSK PPSDM KEBTKE juga telah mendapatkan nilai kinerja dengan predikat emas yang diberikan oleh Instansi pembina Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan”.pungkas Laode.

Selain layanan pelatihan dan sertifikasi, PPSDM KEBTKE juga memberikan layanan dalam bentuk bimbingan teknis, jasa audit energi dan jasa penunjang lainnya yang terkait dengan Ketenagalistrikan dan Energi Baru Terbarukan.

Kami SIAP menjadi bagian dan Partner Terpercaya dalam pengembangan SDM Bidang Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. (Sri Asih).

Bagikan di Media Sosial mu