Wednesday 28th October 2020
94 views

Persit Koramil 0311/Cileles Produksi Ginger Ground

LEBAK (Gerbang Banten) – Atasi ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19 Persit Koramil 0311/Cileles ranting 12 produksi Ginger Ground (Jahe Bubuk).

Kegiatan ini dilaksanakan berawal adanya kegiatan perlombaan yang diselenggarakan pihak Kodim 0603 Lebak untuk setiap Koramil agar mampu menonjolkan wira usaha disetiap Koramil masing-masing. Saat itu mewakili Persit Koramil Cileles menampilkan pembuatan jahe bubuk dan Alhamdulillah pada lomba meraih juara dua.

“Setelah peraihan juara dua, kami dari Persit Koramil Cileles meminta kepada pihak Kodim agar membantu pemasaran terutama di intern TNI dulu dan Alhamdulillah banyak pemesanan bahkan, setiap ada kunjungan kerja ke Koramil atau Kodim jahe bubuk dijadikan oleh-oleh sebagai bingkisan,” dikatakan Ika Retno Karya Ningsih istri dari Serka Dodo Nurhenda mewakili Persit Koramil Cileles.

Produksi jahe bubuk juga, menurut Ika panggilan akrab, awalnya ingin memanfaatkan karung bekas dan lahan kosong dipekarangan untuk budi daya jahe, setelah ditekuni, ternyata bisa menghasilkan bahkan dapat membantu menambah penghasilan rumah tangga.

“Tetangga di dekat rumah juga sudah banyak yang menekuni, bahkan sudah menghasilkan dari hasil budi dayanya, hasilnya ada yang dikonsumsi sendiri ada juga yang dijual jadi bukan untuk Persit saja budi daya jahe ini,” terangnya.

Harapannya, kata istri dari Serka Dodo tersebut, semoga pembudi dayaan jahe ini khususnya di Persit Koramil Cileles juga masyarakat sekitar bisa lebih berkembang lagi. Lahan pekarangan walaupun sedikit bisa dimanfaatkan dengan cara menanam mempergunakan polybag, karung bekas atau dengan pelastik bekas minyak goreng.

“Mudah-mudahan pemasarannya juga bisa lebih luas lagi tidak hanya di intern TNI saja sehingga, dengan banyaknya pesanan kita bisa rekrut pekerja dan sudah tentu sedikit banyaknya bisa kurangi angka pengangguran terutama di wilayah sekitar dekat rumah,” jelasnya.

Sementara itu Kapten inf Subagyo, PJS Danramil 0311/Cileles sangat mendukung atas kegiatan yang dilakukan Persit Koramil Cileles mengenai budi daya penanaman jahe yang selanjutnya diolah menjadi jahe bubuk. Ia juga menghimbau kepada keluarga besar Koramil 0311/Cileles agar disaat kondisi pandemi Covid-19 ini bisa memanfaatkan lahan kosong dan memanfaatkan waktu untuk berupaya mengatasi dampak yang kemungkinan terjadi.

“Selain budi daya jahe, bisa juga dengan mengajak masyarakat yang ada di wilayah Koramil 0311/Cileles untuk berkebun dengan menanam palawija atau bisa juga membuat peternakan,”pungkasnya.(Handa)

What do you think of this post?
  • Awesome (100%)
  • Interesting (0%)
  • Useful (0%)
  • Boring (0%)
  • Sucks (0%)

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan