Peningkatan Infrastruktur, Pemkot Tangerang Lakukan 27 Ruas Perbaikan Jalan

KOTA TANGERANG (gerbangbanten.co.id) Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dalam meningkatkan infrastruktur daerahnya. Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bidang Bina Marga mulai melakukan pembenahan infrastruktur jalan tahap dua di 27 ruas jalan. Diantaranya, looping dua jalan kota, peningkatan atau perbaikan enam jalan kota dan 19 jalan lingkungan serta adanya dua pembangunan jembatan.

Diketahui, pada pembenahan insfrastruktur jalan tahap satu berlangsung Maret lalu, PUPR telah melakukan peningkatan atau perbaikan enam ruas jalan. Mulai dari Jalan Pembangunan 3, Marsekal Surya Dharma, Juanda, Burok, Iskandar Muda dan Jalan Imam Bonjol Lingkar Palem.

Kabid Bina Marga, Shandy Sulaiman mengungkapkan dari delapan jalan kota yang dikerjakan, dua jalan diantaranya adalah looping atau pembangunan jalan baru yaitu pembangunan looping Galeong dan Gerendeng. Kata Sandy, langkah ini sebagai penanganan permasalahan kemacetan yang juga merupakan prioritas Pemkot Tangerang.

“Sedangkan, enam jalan lainnya hanya rekontruksi atau perbaikan jalan dengan kondisi kerusakan 40 hingga 70 persen. Semua perbaikan jalan kota menggunakan sistem kontruksi beton fast track, dengan panjang yang variatif mulai 265 meter di Jalan Garuda, Kecamatan Batu Ceper dan terpanjang 1.617 meter di Jalan Marsekal Suryadarma,” ungkap Sandy, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/8/21).

Ia pun menuturkan, pada pembangunan jembatan berlangsung di jembatan Blok Teko, Jalan Kampung Karang Anyar Dumpit yang menghubungkan Karang Sari, Karang Anyar dan Batu Sari. Sedangkan pembangunan Jembatan Jalan Prof Dr Hamka, Kelurahan Larangan Utara, menghubungkan jalan Kelurahan Gaga dengan Kelurahan Larangan Utara.

“Ini merupakan pembangunan jembatan baru, dimana sebelumnya hanya semi permanen. Sedangkan, pada 19 ruas jalan lingkungan kondisinya memiliki kerusakan diatas 40 persen. Pengerjaan perbaikan didominasi menggunakan sistem pavling blok yang ditujukan untuk pencegahan banjir atau daya serap genangan yang cepat di jalan lingkungan,” jelas Sandy.

Kata Sandy, saat ini proses perbaikan jalan sudah berlangsung dibeberapa ruas jalan. Namun, secara serentak akan terlihat proses pengerjaan yang cukup signifikan pada awal September mendatang. Secara kontrak, proses pengerjaan akan berlangsung 100 hingga 120 hari.

“Dengan itu, PUPR meminta maaf dan kerjasamanya kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang. Pasalnya, aktivitas akan sedikit terganggu dan pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dalam berkendara. PUPR telah berkoordinasi dengan dinas terkait dalam pengalihan arus dan sistem buka tutup jalan selama proses pengerjaan,” katanya.

Sebagai Informasi Pembenahan Infrastruktur Tahap Dua Dinas PUPR;
Jalan Kota
1. Pembangunan Looping Galeong
2. Pembangunan Looping Gerendeng
3. Peningkatan Jalan Imam Bonjol, Karawaci
4. Peningkatan Jalan Kihajar Dewantoro, Cipondoh
5. Peningkatan Jalan Sisi Kiri SP Semanan, Cipondoh
6. Peningkatan KH Hasyim Asari, Poris Plawad Utara
7. Peningkatan Jalan Marsekal Suryadarma
8. Peningkatan Jalan Garuda, Batuceper

Jembatan
1. Jembatan Blok Teko, Jl Kp Karang Anyar Dumpit
2. Jembatan Jl Prof Dr Hamka, Kel Larangan Utara

Jalan Wilayah
1. Jl Lingkungan Taman Asri RW 12, Kel Gaga
2. Jl Lingkungan RW 07, Kel Larangan Indah
3. Jl Lingkugan Taman Asri Utama
4. Jl Lingkungan RW 06, Kel Pabuaran
5. Jl Lingkungan RT 4 RW 01, Kel Bugel
6. Jl Lingkungan Mastam Raya RW 03, Kel Cimone
7. Jl Lingkungan RW 12, Kel Periuk
8. Jl Lingkungan RW 06, Kel Periuk Jaya
9. Jl Lingkungan RW 02, Kel Keroncong
10. Jl Lingkungan RW 03, Kel Neglasari
11. Jl Lingkungan RW 06, Kel Karang Sari
12. Jl Lingkungan Komp DDN RW 08, Kel Karang Mulya
13. Jl Lingkungan RW 05, Kel Kunciran Indah
14. Jl Lingkungan Balita, Kel Kunciran Indah
15. Jl Lingkungan Komp Sekneg, Kel Panunggangan Utara
16. Jl Lingkungan H Riwan 2 Blok C, RW 03, Kel Kunciran Indah
17. Jl Lingkungan RW 04, Kel Poris Gaga Baru
18. Jl Lingkungan RW 05, Kel Cipondoh Indah
19. Jl Lingkungan Pembangunan II, RT 03 RW 10, Kel Poris Plawad Utara

facebook sharing buttontwitter sharing buttonwhatsapp sharing buttontelegram sharing buttonsharethis sharing button. (Red)

Bagikan di Media Sosial mu