Friday 25th September 2020
16 views

Pengurus SMSI Kabupaten dan Kota di Sumsel Ikuti Bimtek Siberindo

PALEMBANG – Sekitar 60 perusahaan utusan media siber yang tergabung di Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Selatan mengikuti bimbingan teknis newsroom Sabtu dan Minggu (29-30/8/2020).

Acara yang digelar di ball room Hotel Swarna Dwipa Palembang, ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru.

Menurut Ketua Umum SMSI Pusat Firdaus, Siberindo.co merupakan news room terbuka yang menyajikan berita-berita terbaik untuk pembacanya. Pemilik news room ini adalah anggota-anggota SMSI dan kini Siberindo.co merupakan salah satu kebanggaan SMSI.

Firdaus mengajak para pengusaha media siber, khususnya di Sumsel agar bisa bersinergi membantu pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dengan menyajikan berita-berita yang mengedukasi dan memiliki nilai informatif yang baik serta memotivasi pembaca.

“Dengan pemerintah juga mesti pandai-pandai berdiskusi dengan baik,” imbuhnya.

Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru meenyambut baik kegiatan yang digelar oleh SMSI Sumsel ini. Menurutnya, media memiliki peran yang penting dalam mendorong lajunya pembangunan di Sumatera Selatan.

“Selain itu, para pengusaha media siber di Sumsel ini, cukup berperan dalam mengedukasi masyarakat melalui informasi yang disebarkan melalui media. Peran media untuk mengedukasi tentu harus ditumbuh kembangkan. Saya mengajak untuk wartawan memerhatikan penggunaan kosakata. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” harapnya.

Gubernur meminta media untuk tidak tendensius dalam menyajikan informasi. Menurutnya, media siber mesti menyajikan berita sesuai kondisi dan jangan ikut beropini.

“Mesti mengedepankan kebenaran dengan cek dan ricek atau verifikasi informasi. Biarkan saja pembaca yang beropini. Wartawan jangan ikut-ikutan beropini di beritanya,” pinta Gubernur.

Sementara itu, Hendri Ch Bangun, Direktur Utama Siberindo.co yang juga Wakil Ketua Dewan Pers mengatakan, selaku pimpinan Siberindo, ia mengapresiasi SMSI Sumsel atas kegiatan yang digelar tersebut. Menurutnya, wartawan harus terus banyak belajar dan tidak langsung puas dengan pengetahuan yang sudah dimiliki, agar media terus berinovasi dan mengikuti trend, hingga makin diterima oleh pembacanya.

“Kami menyambut baik. Acara ini diharapkan dapat memproduksi karya jurnalistik dan terus meningkatkan kompetensi. Mereka yang bergabung di SMSI makin lama semakin baik,” kata Hendri.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri mengatakan, Bimtek Siberindo.co yang digelar SMSI Sumsel ini dikuti oleh para pengurus SMSI dari Kabupaten dan Kota di Sumsel. Tujuannya, agar masing-masing pengurus memaparkan manfaat dan keuntungan-keuntungan bergabung di News Room yang dibuat oleh SMSI ke anggota-anggotanya di daerah masing-masing.

“Tujuan agar media anggota SMSI di Sumsel memahami pentingnya bergabung di Siberindo.co. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi anggota SMSI karena ikut memiliki media yang digarap bersama hingga akan mendongrak media-media anggota SMSI karena memiliki potensi yang baik dan manfaatnya sangat banyak,” ujarnya.

Sebelum memasuki materi Bimtek yang diisi oleh Dirut Siberindo.co Hendry Ch Bangun, Direktur Pemberitaan Zakmi dan Direktur pengembangan Bisnis Ilona Juita, panitia menghadirkan dua nara sumber lokal dari cyber crime Polda Sumsel serta dari Peradi. Tujuannya untuk menghindari potensi permasalahan hukum bagi anggota-anggota SMSI.

Di sela-sela kegiatan Bimtek juga, Ketua Umum Pusat SMSI menyaksikan penanda tanganan MOU antara ketua Peradi Sumsel dan Ketua SMSI Sumsel.

Pada kesempatan itu juga Firdaus didampingi Gubernur Sumsel dan Ketua SMSI Sumsel menyerahkan SK Kepengurusan SMSI Kabupaten dan Kota se-Sumaters Selatan. Dan Ketua SMSI Cabang Provinsi Sumsel menyerahkan cendera mata ke Gubernur Sumsel. ***

What do you think of this post?
  • Awesome (0%)
  • Interesting (0%)
  • Useful (0%)
  • Boring (0%)
  • Sucks (0%)

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan