Pengaruh Merokok Bagi Rongga Mulut. di TMMD Non fisik Modim 0520/Trs

TANGERANG-Kegiatan TMMD ke – 111 Kodim 0510/ Trs Non Fisik Tahun 2021. Diadakan di Aula Kantor Desa Mekarsari Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang secara zoom meeting atau daring, yang di ikuti oleh 20 orang, yang terdiri dari ibu-ibu Posyandu Ds. Mekarsari Kecamatan Jambe, sebahai pembicara drg. Ratna Kumala Indrastiti Sp.PM Dosen FKG UI, memaparkan Pengaruh Merokok dan Penggunaan Napza Bagi Rongga Mulut.

Menurut drg. Ratna Kumala Indrastiti Sp.PM Dosen FKG Merokok dan menggunakan produk tembakau lain menjadi penyebab sebagian besar masalah gusi pada orang dewasa. Merokok dapat meningkatkan risiko berkembangnya penyakit gusi, Jumat (9/7/21).

“Tembakau menghambat aliran darah ke gusi, sehingga membuat gusi kekurangan nutrisi, oksigen dan rentan untuk terserang infeksi. Selain itu, rokok berdampak kepada kerusakan lapisan tulang dan jaringan pada gigi,” ujarnya.

Dikatakannya tergantung jumlah dan lamanya merokok, para perokok berisiko mengalami masalah-masalah seperti bau nafas tidak sedap, berkurangnya kepadatan tulang, meninkatnya penumpukan plak dan karang gigi, meningkatkan resiko kanker kulit, resiko sinusitis, dan lain lain.

Masih kata dr Ratna seorang perokok memiliki risiko enam kali lebih tinggi untuk mengidap kanker mulut dan tenggorokan dibandingkan yang tidak merokok. Penelitian juga membuktikan bahwa dengan berhenti merokok, risiko mengidap penyakit gusi akan menurun drastis.

“Selain itu, hampir semua pengguna tembakau non-isap yang mengidap leukoplakia juga bisa sembuh dalam waktu kurang dari dua bulan,” ujarnya.(*)

Bagikan di Media Sosial mu