Pendim 0510/Trs Berikan Penyuluhan Penggemukan Sapi Kepada Peternak Tradisional di TMMD Ke-111

Kodam Jaya-Tigaraksa-Anggota Penerangan Kodim 0510/Trs, Koptu Agus Triyono memberikan cara/kiat-kiat penggemukan sapi kepada peternak tradisional di lokasi TMMD Kodim 0510/Trs Kampung Daraham Desa Jambe Kabupaten Tangerang.

Di Kampung Daraham masih banyak sekali warga yang mempunyai sapi dan kambing sebagai usaha sampingan. Bagi masyarakat disana, hewan ternak merupakan cara mereka menabung atau berinvestasi.

Tetapi kebanyakan mereka masih mengikuti pola tradisional dalam merawat hewan ternak. Melihat ini, salah satu anggota Pendim 0510/Trs, yang mempunyai pengalaman dibidang penggemukan sapi dan kambing berbagi ilmu kepada para peternak disana. Dengan cara mendatangi kandang-kandang peternak.

Dengan cara melihat langsung ke kandang, berarti dapat menilai apa kekurangan tiap peternak disana. Disaat mengunjungi kandang Bapak Pendi, salah satu peternak sapi di Kampung Daraham. Koptu Agus membagi pengalamannya.

Diantara tips diberikan antara lain. Untuk kondisi kandang agar dirapihkan, permukaan lebih baik dipelur/cor agak miring, agar mempermudah dalam membersihkan kandang. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan sapi.

Kemudian untuk pakan, dalam proses penggemukan lebih baik menggunakan pakan ampas tempe yang murah-meriah dicampur air. Rumput tetap diberikan, sebagai kebutuhan serat, tapi bisa dikurangi. Kebetulan didekat rumah Bapak Pendi ada Home industri tempe yang limbahnya belum dimanfaatkan.

Selanjutnya untuk pemilihan bibit, pilihlah bibit yang unggul, seperti jenis Limosin atau simental. Lihat perawakan atau posturnya, apakah itu perawakan jenis super atau tidak. Dan kesehatan tentunya. Pungkasnya.(*)

Bagikan di Media Sosial mu