Pemkot Cilegon Peringati 133 Tahun Geger Cilegon

KOTA CILEGON (gerbangbanten.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon memperingati 133 tahun peristiwa Geger Cilegon, Jumat 9 Juli 2021. Peringatan Geger Cilegon pada tahun ini bisa disaksikan secara online oleh masyarakat luas melalui Youtube streaming @PemkotCilegon.

Sejarah Geger Cilegon adalah peristiwa perlawanan bersenjata rakyat Cilegon, Banten terhadap kekuasaan pemerintah Hindia Belanda yang terjadi pada 9 Juli 1888.

Walikota Cilegon, Helldy Agustian dalam sambutannya secara virtual mengatakan, peringatan Geger Cilegon sebagai bentuk upaya pemerintah untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melupakan sejarah. Khususnya dalam peringatan ini peristiwa Geger Cilegon.

“Ini adalah hari yang bersejarah dalam peristiwa Geger Cilegon. Cita-cita saya sejak lama, kita jangan sampai lupa akan sejarah atau Jas Merah. Karena diluar Cilegon, Geger Cilegon sangat terkenal. Tetapi masyarakat Cilegon sendiri masih banyak yang hanya tau Geger Cilegon, tapi tidak tau pada isi Geger Cilegon tersebut,” kata Helldy.

Helldy menjelaskan, peristiwa Geger Cilegon menjadi salah satu pendobrak semangat rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajahan. Sehingga setelah peristiwa Geger Cilegon terjadi, banyak bermunculan peristiwa bersejarah di Indonesia.

“Secara otomatis, Geger Cilegon merupakan awal bangkitnya Cilegon untuk Indonesia. Seyogyanya Cilegon juga merupakan kota sejarah, bukan hanya kota industri. Kita ingin memperlihatkan, bahwa Pemerintah Kota Cilegon mempunyai ghiroh atau semangat yang hampir sama seperti para pejuang Geger Cilegon,” ujar Helldy. (Red)

Bagikan di Media Sosial mu