Pemaparan Pengetahuan UMKM Pangan di TMMD Non Fisik Ke-111 Jambe

TANGERANG-Sebagai wujud kepedulian terhadap pelaku UMKM di Desa Jambe Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang. Satgas TMMD ke-111 Kodim 0510/Trs gelar Sosialisasi Pengurusan Perizinan Produk Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikasi Halal dan Kemasan, di MTS Al Ishlahiyah Jambe. Senin, (5/7/21).

Menurut Dwining Putri Elfriada STK, MP Dosen Unif Prasetya Mulya BSD, sosialisasi ini untuk mempermudah pemilik usaha rumahan agar memperoleh pengetahuan mengenai prosedur dan persyaratan untuk mengurus ijin PIRT,  yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing produknya dengan yang lain.

“Mengingat dalam ranah perdagangan, produsen perlu mendapat kepercayaan dari konsumen. Hal tersebut merupakan aspek sangat penting dalam memperluas pasar yang akan berpotensi meningkatkan omset dan keuntungan dalam jangka panjang,” ungkapnya.

Dalam paparannya Dwining menyampaikan materi diantaranya jenis pangan produksi yang diizinkan maupun tidak diizinkan untuk memperoleh SPP-IRT, jaminan produk dan pangan halal, serta hak konsumen maupun produsen.

Terpisah, Dandim 0510/Trs, Letkol Inf Bangun IE Siregar mengatakan, ijin PIRT merupakan instrumen yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha masyarakat.

“TMMD bukan hanya membangun sarana fisik saja, tapi TNI perlu melakukan pemberdayaan sumber daya manusia salah satunya dengan sosialisasi seperti ini. Karena usaha yang berhasil tergantung dari pengetahuan pelaku usaha tersebut dalam mengelola bidang usahanya,” tuturnya.(*)

Bagikan di Media Sosial mu