Friday 18th June 2021
46 views

Olahraga Berkelompok Lebih Terasa Manfaatnya

Gerbang Banten – Olahraga sendiri maupun berkelompok sama-sama punya kelebihan dan kekurangan. Terkait pencapaian fitness goals, olahraga berkelompok terbukti lebih menguntungkan.

Demikian hasil sebuah penelitian terbaru di University of New England, seperti dikutip dari Medical News Today. Penelitian ini membandingkan peningkatan level kebugaran ketika olahraga dilakukan sendirian dengan berkelompok.

Pada partisipan yang melakukan olahraga berkelompok, teramati level stres berkurang 26 persen dibanding ketika berolahraga sendirian. Demikian juga, kebugaran fisik meningkat 24,8 persen lebih tinggi, kebugaran emosional meningkat 26 persen lebih tinggi, dan kesehatan mental meningkat 12,6 persen lebih tinggi.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan merekrut 69 mahasiswa kedokteran dan memberinya program kebugaran. Sebagian melakukan olahraga secara berkelompok, sebagian lagi olahraga sendirian.

Partisipan yang berkelompok melakukan olahraga selama 30 menit sedikitnya sekali dalam sepekan dengan menu penguatan otot core dan program latihan kebugaran fungsional. Partisipan yang lain melakukan hal yang sama, hanya saja tidak berkelompok.

Penelitian ini dipublikasikan di Journal of the American Osteopathic Association.(irna)

 

Sumber : Banten88.com

What do you think of this post?
  • Awesome (0%)
  • Interesting (0%)
  • Useful (0%)
  • Boring (0%)
  • Sucks (0%)
Bagikan di Media Sosial mu

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan