Merokok di Masa Corona, Oleh Dosen FIK UI di TMMD Kodim 0510

Tigaraksa-Dalam materi TMMD Ke-111 non fisik kali ini Kodim 0510 Trs menggandeng Dr Hanny Handayani, S.Kp., M.Kep. Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan UI dengan tema “Merokok di masa pandemi Corona”.

Kegiatan di SDN 1 Kutruk ini dilaksanakan dengan Zoom Miting, dan diikuti oleh para pelajar dan masyarakat diwilayah kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang.

Banyak orang yang menganggap bahwa virus Corona tidak akan menyerang seorang perokok.
Apakah itu benar? Ternyata anggapan tersebut Hoax atau tidak berdasar.

Menurut WHO dan para ahli paru, ternyata seorang perokok lebih rentan terpapar virus corona yang disebabkan karena:
1. Jumlah reseptor perokok lebih tinggi untuk menerima virus corona
2. Kekebalan atau imunnya menurun
3. Potensi masalah pada pembuluh darah
4. Menularnya virus melalui batang rokok

Seseorang perokok akan susah untuk berhenti merokok. 92% orang gagal dalam usaha berhenti merokok, yang disebabkan karena, tidak ada motivasi, adiksi nikotin dan tidak tahu bagaimana cara berhenti merokok.

Berikut adalah cara atau tips berhenti merokok, pertama niat yang kuat, singkirkan asbak atau apapun itu yang berkaitan dengan rokok, ketiga jika ingin merokok alihkan perhatian dengan mengulum permen atau aktivitas lain seperti berolahraga dan memakai masker.

Yang belum merokok, jangan coba-coba ikut-ikutan, dan yang sudah terlanjur. Memang butuh tekad kuat untuk menghentikan kebiasaan merokok ini, tapi dengan usaha yang sungguh-sungguh. InsyaAllah akan berhasil, buktinya ada yang berhasil.

Katakan tidak pada tembakau selama wabah pandemi Covid 19 dan selamanya.(*)

Bagikan di Media Sosial mu