Mahasiswa STIE Prima Graha Temukan Jenis UMKM Baru

SERANG (Gerbang Banten) – Mahasiswa STIE Prima Graha berhasil membuat jenis UMKM baru dalam bentuk makanan ringan. Salah satunya keripik kulit tangkil (Kultang) dan nuget yang terbuat dari daging bebek. Itu dibuat mahasiswa yang sedang melaksanakan tugas kuliah kerja nyata (KKN) bersama warga melalui program pemberdayaan masyarakat Kabupaten Serang.

Jenis UMKM kultang yang dibuat peserta KKN bersama warga di Desa Melati, Kabupaten Serang hanya dibuat dengan bahan kulit tangkil yang diiris kecil kemudian dikeringkan. Rasanya pun pedas dan gurih. Seperti jenis makanan yang biasa dipasarkan secara luas.

Ketua STIE Prima Graha Haerofiatna mengatakan, jenis UMKM yang berhasil dibuat peserta KKN dengan jenis makanan baru akan terus dikembangkan hingga bisa dipasarkan secara luas.

“Alhamdulillah saya merasa bangga dengan adanya penemuan baru jenis UMKM ini, kita akan terus kembangkan hingga dikenal masyarakat secara luas,” ujar Haero usai menghadiri penutupan KKN STIE Prima Graha di Halaman Pendopo Bupati Serang, Minggu (26/8).

Jika kedua jenis UMKM baru tersebut sudah dikenal masyarakat secara luas lanjut Haerofiatna, maka bisa dengan mudah di pasarkan. “Kita targetkan bisa dijual di Alfamart dan Indomart. Tentunya dimulai dengan memperbaiki kualitas produknya dan mengurus syarat – syarat untuk bisa diterima di waralaba yang kita targetkan,” tegasnya.

Tidak hanya itu, STIE Prima Graha juga mendorong untuk jenis UMKM lainnya yang ada di Kabupaten Serang untuk bisa dipasarkan secara luas. “Bukan hanya dua jenis UMKM baru yakni nuget yang terbuat dari daging bebek dan kultang yang bakal kita dukung untuk mudah di pasarkan tapi semua jenis UMKM,” ujarnya.

Ditegaskan Haerofiatna, Kampus STIE Prima Graha mengedepankan program KKN yang bisa mendorong pemberdayaan masyarakat khususnya di bidang UMKM. “Kabupaten Serang ini kan banyak jenis UMKMnya makannya kami tugaskan peserta KKN di Kabupaten Serang agar bisa mendorong kemajuan UMKM,” tegasnya.

Sekedar untuk diketahui, penutupan KKN Prima Graha diisi dengan kegiatan loka karya di Halaman Pendopo Bupati Serang. Dalam acara tersebut, mahasiswa menampilkan jenis-jenis UMKM yang dibuat bersama warga dilokasi KKN. Pameran jenis UMKM di stand yang sudah disediakan pihak kampus STIE Prima Graha. Kegiatan KKN mendapat dukungan dari Karang Taruna Banten.

Sekjen Karang Taruna Banten Gatot Yan mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan mahasiswa KKM STIE Prima Graha. Bahkan sebagai bentuk dukungannya, Gatot memberikan penghargaan pada lima kelompok KKN yang dinilai intens membangun kerjasama selama KKN berlangsung.

“Program KKN STIE Prima Graha ini jelas mendorong kemajuan UMKM. Jadi kami dari karang taruna mendukung. Karna karang taruna di tingkat desa juga ada program pemberdayaan,” katanya. (Ratih)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.