Kejar Target Pembuatan Turab Terus Dikebut, di TMMD Ke-111 Jambe

TANGERANG-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0510/Trs, hingga hari ini pembangunan fisik berjalan lancar. Mulai dari betonisasi dan pembangunan turap di Kampung Daraham Desa Jambe Kecamatan Jambe Kabupaten Tangerang.

Hal ini didukung distribusi material, seperti besi, batu gunung, koral, semen, serta bahan lainnya. Stok bahan material di tiga pembangunan fisik tersebut terus tersedia dan tidak mengkhawatirkan.

“Sejauh ini aman dan tidak ada kendala,” Kasdim 0510/Trs Mayor Arh I Wayan Kariana. Sabtu (10/7/21).

Meski begitu Kasdim mengatakan, Satgas TNI bukan berarti tanpa kendala dalam melaksanakan tugas dan pengerjaan di lokasi. Medan yang dihadapi tak semulus aspal. Namun ada saja upaya yang dilakukan para TNI untuk menyiasati kendala tersebut.

Dikatakannya bukan hanya itu, bersahabat dengan lumpur sudah menjadi hal biasa bagi satgas TMMD. Menggunakan alat sekop dan cangkul, TNI bersama warga menggali galian untuk pembangunan turap.

“Bahkan dalam sehari mampu menggali sekitar 4 hingga 5 meter,” ujar Kasdim di lokasi kegiatan TMMD.

Dikatakan untuk menggali sepanjang lima meter bukan perkara mudah. Selain digenangi air, juga kontur tanah yang lembek dan lengket.

“Supaya pondasinya kuat. Makanya cukup dalam menggalinya,” singkatnya. Kata dia, selain kedalaman, untuk menguatkan pondasi turap juga dipasangi pancang dari kayu.(*)

Bagikan di Media Sosial mu