Ke Kampung Cikeusik Baduy, Kapolda Banten Diberikan Udeng dan Golok

LEBAK – Kapolda Banten IJP Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho bersama Danrem 064/MY Brigjen TNI Yunanto, Ketua Pengadilan Tinggi Banten Chris Mardiyanto dan Kabinda Banten Brigjen TNI Cahyono Cahya Angkasa mengunjungi kampung Cikeusik Baduy di Kabupaten Lebak.

Kedatangan Kapolda Banten beserta rombongan disambut hangat oleh Jaro Saija selaku Kepala Desa Kanekes. Jumat (09/10), selanjutnya Kapolda Banten beserta rombongan diberikan golok dan dipasangkan ikat kepala atau udeng.

Penyerahan golok dan ikat kepala atau udeng tersebut merupakan simbol pengakuan sebagai warga Baduy.

Kapolda Banten IJP Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengucapkan terimakasih atas sambutan dari masyarakat suku Baduy. Ia mengaku sangat senang bersilaturahmi dengan masyarakat suku Baduy.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Jaro Saija dan seluruh masyarakat suku Baduy atas sambutannya, saya sangat senang dan bangga dapat bersilaturahmi kesini,” ucap Kapolda Banten.

“Dan kedatangan kami kesini selain bersilaturahmi juga sekaligus untuk melakukan kegiatan penanaman bibit pohon dan menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat suku Baduy,” lanjutnya.

Terakhir, Kapolda Banten berharap dengan kedatangannya ke Kampung Cikeusik Baduy ini diharapkan terjaganya situasi kamtibmas.

“Saya sangat berharap sekali situasi Kamtibmas dapat terjaga di wilayah hukum Polda Banten, khususnya di Kampung Baduy ini,” harapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengungkapkan, bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk menjalin persahabatan dan kemitraan dengan warga masyarakat Baduy.

“Masyarakat Baduy adalah masyarakat yang sampai sekarang konsisten mempertahankan adat istiadat, mencintai alam dan lingkungan. Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat terjalinnya sinergitas antara Polda Banten, Pengadilan Tinggi Banten, Korem 064 MY, BINDA Banten dengan seluruh masyarakat suku Baduy,” ujarnya. (Bidhumas)

Bagikan di Media Sosial mu