Kakanwil Kumham Banten Dorong Provinsi Banten Jadi Yang Tertinggi Dalam Permohonan Pendaftaran Paten Di Indonesia

Serang – “Kalau kita membicarakan Paten, maka sejatinya yang paling berpengaruh dalam tumbuh berkembangnya inovasi dan invensi di bidang Paten adalah dunia industri, dunia kampus, serta para peneliti. Untuk menunjang kinerja, produksi, hingga persaingan, pelaku industri acapkali memunculkan inovasi-inovasi baru di bidang Paten. Begitu pula di lingkungan kampus dapat berkembang berbagai jenis invensi atau penemuan, baik dari para dosen, peneliti, mahasiswa, hingga unit bisnis yang dimiliki oleh sebuah Perguruan Tinggi”.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Agus Toyib saat mengawali sambutannya dalam Webinar Promosi dan Diseminasi yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Kamis (09/09).

Disampaikan Agus Toyib, berbagai produk inovasi dan invensi di bidang teknologi ini jelas memiliki nilai ekonomi. Beberapa diantaranya bahkan punya value yang sangat tinggi dalam dunia industri. Oleh karenanya, sangat penting untuk dilindungi dalam lingkup pendaftaran Paten.

“Pendaftaran disini selain untuk memberikan kepastian hukum, juga berfungsi sebagai instrumen pelindungan hukum, agar karya-karya di bidang teknologi tidak dicuri oleh pihak lain. Pendaftaran Paten, jika kita melihat contoh negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, merupakan pintu gerbang bagi level berikutnya yaitu komersialisasi. Yang tentunya, komersialisasi teknologi ini dapat mendatangkan keuntungan finansial bagi inventor atau empunya produk tersebut”, ujarnya.

“Harapannya, melalui Webinar Promosi dan Diseminasi Paten semoga mampu menumbuhkan wawasan para peserta di bidang Paten dan Provinsi Banten dapat menjadi salah satu wilayah dengan permohonan pendaftaran Paten tertinggi di Indonesia, karena banyak tidaknya Paten juga dapat digunakan sebagai acuan majunya suatu wilayah, bahkan negara”, tandasnya. (Humas Kanwil Banten)

Bagikan di Media Sosial mu