Jadikan Desa Domas menjadi Kawasan Minapolitan di Kabupaten Serang

GerbangBanten.com, Serang – melalui surat keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan RI nomor:KEP. 39/MEN/2011 tentang penetapan kawasan Minapolitan Kabupaten Serang sebagai salah satu kabupaten yang memiliki kawasan Minapolitan dari 223 Kabupaten/kota serta surat keputusan Bupati Serang nomor:523.31/kep.661-Huk/2008 tentang penetapan pengembangan kawasan Minapolitan di kabupaten Serang.lokasinya di kecamatan pontang, yakni Desa Domas dan Desa Wanayasa. “Kata Drs. H. Budi Mulyono. T, M. Si selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Serang saat di acara Rapat koordinasi Tim Forum pengembangan ekonomi Banten(FPEB) klaster ekonomi Minapolitan Kabupaten Serang,kec Pontang, Desa Domas dan Desa Wanayasa yang di selenggarakan di aula Sekretariat Daerah Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten(KP3B)Kota Serang,kamis(27/4).

Minapolitan itu ialah suatu konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip integritas,efesiensi,berkualitas dan percepatan.intinya bahwa Minapolitan ini adalah suatu konsep suatu wilayah desa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi rakyat dengan adanya suatu pembangunan,apakah itu pembangunan insfrastrukturnya,pembangunan ekonominya, kemudian juga kondisi kesehatan masyrakatnya.dan disini kami berfokus pada percepatan peningkatan produksi komoditas unggulan guna meningkatkan kesiapan masyarakat membudidaya untuk penggerak ekonomi lokal.”tutur Budi.

Tujuan dari Minapolitan itu sendiri ialah untuk meningkatkan produksi,produktifitas,dan kualitas perikanan dan meningkatkan pendapatan pembudidaya, nelayan dan pengolah ikan yang adil dan merata serta mengembangkan kawasan minapolitan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di daerah dan sentra-sentra perikanan sebagai pusat ekonomi rakyat. “tambanya.

Kebijakan pengembangan minapolitan ini untuk mengembangkan kawasan minapolitan dengan berbasis pada sumber daya lokal dan daya lingkungan yang ada. “Disini perlu saya sampaikan bahwa minapolitan itu bukan semata -mata membuat suatu hal dari yang tidak ada menjadi ada,tetapi minapolitan itu mengarah pada sifat-sifat pembangunan ataupun ekonomi masyarakat yang sudah tumbuh menjadi semakin besar dimana dari awal kabupaten Serang ini masyarakatnya sudah familiar dengan budidaya baik itu bandeng,mujair,udang, kepiting, rumput laut dan sebagainya dan memiliki luas tambak ±5200 ha, cuma saat ini sifatnya masih tradisional dan ingin kita tingkatkan menjadi intensip dan di spesifikasi produk. “tambah nya.

Disini kami juga memberi pembinaan dan memberi sarana dan prasarana untuk mendukung budi daya di daerah minapolitan bahkan kita sudah bekerjasama dengan Dirjen Perikanan untuk membangun seribu kampung nelayan mandiri,tangguh,indah dan maju(SEKAYA MARITIM).”tutup Budi.(Adt)

Bagikan di Media Sosial mu