Wednesday 28th October 2020
8 views

Intensifikasi Pendapatan Daerah di Pandemi Covid-19, Bapenda Banten Lakukan Segala Upaya

BANTEN- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten melakukan berbagai upaya Intensifikasi Pendapatan Daerah untuk mencapai Target Pendapatan Daerah sebesar Rp10.780.693.620.376,00.

Hal tersebut dikatakan kepala Bapenda Provinsi Banten Opar Solihin saat ditemui di kantor Bapenda Provinsi Banten,Jum’at (09/10/2020).

“Salah satunya dengan mengoptimalkan pelayanan pembayaran Pajak Daerah, khususnya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB),” Kata Opar.

Dimana yang pelayanannya dilakukan melalui 12 Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelola Pendapatan Daerah (UPTD. PPD) dan 44 Gerai Samsat yang terdiri atas 25 gerai di wilayah hukum Polda Banten dan 19 gerai di wilayah hukum Polda Metro.

Salah satu UPTD. PPD Bapenda Cabang Pandeglang juga terus melakukan berbagai upaya untuk mencapai target pendapatan daerah.

Kepala UPTD PPD Bapenda Banten Cabang Pandeglang, Epy Shafiullah menyebut, realisasi penerimaan pajak per triwulan 4 sudah mencapai Rp90 miliar dari yang ditargetkan sebesar Rp127 miliar.

“Dengan rincian target Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Rp60 miliar dan yang terealisasi Rp49 miliar atau 81.63 persen. Lalu untuk target Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sudah mencapai 60.75 persen, atau sebesar Rp40 miliar dari target tahun ini Rp66 miliar,” bebernya

“Dilihat dari laporan, Alhamdulillah kesadaran masyarakat di Pandeglang sudah mulai bagus, tinggal mengingatkan kembali agar yang belum bayar pajak bisa membayar tidak terkena denda,” sambungnya.

Melihat data itu, dia memproyeksikan penerimaan pajak tahun ini bisa melebihi target. Maka untuk merealisasikan hal itu, diperlukan koordinasi berlebih dahulu berasama dengan internal. Mengingat dia baru menjabat dalam beberapa hari.

“Untuk peningkatan pajak daerah, retribusi artinya harus punya program. Apakah dengan yang sekarang ini sudah cukup atau perlu ditingkatkan. Intinya harus bersinergi agar target yang ditentukan bisa tercapai,” kata Epy.

Ditambahkannya, meski saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19, akan tetapi ia mengaku bakal tetap mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa tetap memenuhi kawajibannya dalam membayar pajak.

“Akan selalu mengimbau, mengingatkan agar taat bayar pajak. Karena, pajak untuk pembangunan daerah,” (advetorial
)

What do you think of this post?
  • Awesome (0%)
  • Interesting (0%)
  • Useful (0%)
  • Boring (0%)
  • Sucks (0%)

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan