Implementasikan CSC, Diskominfo Perkenalkan Aplikasi Pengaduan
Dalam Rangka mengimplementasikan Cilegon Smart City (CSC), pada Tahun 2018 ini Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi dan Statistik ( Diskominfo) Kota Cilegon akan meluncurkan Satu Aplikasi Berbasis Media Sosial. “Diskominfo akan menggunakan Satu Tools berupa Aplikasi QLUE yang Terintegrasi dengan Cilegon Smart City, yang akan digunakan oleh Masyarakat untuk melaporkan apa yang terjadi di Lingkungan sekitarnya,” Tutur Kasi E-gov Adi Tri Prasetyo, Usai Sosialiasasi Aplikasi QLUE kepada para Operator diruang Rapat Diskominfo, Kamis ( 05/04/2018).
Lebih lanjut Adi Tri Prasetyo menjelaskan, Aplikasi QLUE ini merupakan Aplikasi Khusus Berbasis Media Sosial yang akan digunakan oleh Pemerintah Kota sebagai Media Pengaduan/Pelaporan Masyarakat secara On Line. “ Aplikasi QLUE ini merupakan salah Satu Media bagi Pemerintah Kota Cilegon untuk memberikan Respon Cepat Tanggap dalam hal Pelaporan Masyarakat,” Jelasnya.
Pada bagian lain, Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Beny menuturkan, dalam kegiatan ini, baru Enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang, dimana ke enam OPD ini berkaitan secara lansung dalam hal penangan Laporan dari Masyarakat. diantaranya “Dinas PUTR Penangan Infrastruktur, DLH mengenai Sampah, Polusi Udara, Perusakan Lingkungan, Dishub mengenai Kemacetan, Rambu – Rambu Jalan, Damkar terkait Pencegahan Kebakaran, Penyelamatan dan Penangannya, BPBD Pencegahan dan Penanganan Bencana, Satpol PP terkaiat PKL, Gelandangan, Pengemis, Urban, Penertiban Umbul-umbul yang tidak berizin dan Bangunan Liar,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Cilegon Achmad Jubaedi menuturkan, Konteks dari Cilegon Smartcity ialah Government to Citizen bagaimana caranya agar Pemerintah Peduli kepada Masyarakat, juga bagaimana Masyarakat Peduli terhadap Lingkungan. “ Aplikasi ini bagian dari upaya Pemerintah Daerah dalam memberikan Informasi sesuai dengan UU KIP, juga secara Sigap bagaimana merespon berbagai pertanyaan dari Masyarakat melalui Medsos, atau Pengaduan secara On Line,” tuturnya.
Diharapkan Achmad Jubaedi dengan adanya Kegiatan ini selain Rekan OPD bisa kembali mensosialisasikan juga bisa mengoptimalkan Aplikasi Cilegon Smartcity sebagai Media Pengaduan Masyarakat. para “Operator yang ada di SKPD diharapkan bisa mensosialisasika kembali baik kepada Rekan kerjanya atau Warga sekitar, dan juga mengoptimalkan Aplikasi ini,” harapnya.(Ydn)
Pingback: วิธีการสมัคร ฝากเงิน LSM99
Pingback: Khủng bố