Holtikultura Dan Budidaya Ikan Nila


Pandeglang, (Gerbang Banten) – Budidayaikan nila, memanfaatkan lahan kosong di pinggir kolam, ternyata banyak manfaat yang dihasilkan. Hal tersebut dilakukan kelompok tani Mina Berkah di Kampung Cibeuying Desa Sukamanah Kecamatan Kaduhejo Pandeglang.

Ditunjang tekhnologi ditambah ditingkatkannya sosialisasi teknis tentang tata cara bercocok tanam dan budidaya ikan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan, memberikan nuansa segar bagi petani yang tergabubg pada kelompok tani Mina Berkah.

Di era ini sektor pertanian dan perikanan menjadi pilihan warga di Kabupaten Pandeglang untuk menambah income perkapita guna memenuhi kebutuhan ekonomi.

Oleh karenanya tidak sedikit warga bertani dengan memanfaatkan lahan kosong sebagai ladang atau media mereka bertani.

Semisal lahan dipekarangan rumah atau bercocok tanam menggunakan media lain seperti menggunakan pipa maupun pot bunga.

Di Kabupaten Pandeglang sendiri, teknik bercocok tanam dipadukan dengan budidaya ikan tengah nge-trand saat ini.

Halnya yang dilakukan para kelompok tani budidaya ikan nila Mina Berkah, mereka begitu terlihat kreatif dan inovatif memanfaatkan lahan kosong di pinggiran kolam ikan. Pada lahan tersebut mereka tanami beragam jenis tanaman holtikultura seperti cabe, tomat, sayuran dan buah2an (yumina-bumina).

Dari inovasi itu, siapa sangka dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Bukan saja dari hasil produksi panen tanaman. Akan tetapi, area perikanan dengan beragam macam tanaman holtikultura dan sayuran ternyata dapat menambah keasrian suasana lokasi kolam.

Yang mana kolam ikan milik kelompok tani Mina Berkah terlihat begitu indah sejauh mata memandang. Jika saja akses menuju lingkungan seputar kolam ditata dengan baik, terutama pada infrastruktur jalan yang layak, tidak menutup kemungkinan kolam budidaya ikan dengan paduan tanaman sayuran tersebut dapat berubah menjadi lokasi wisata tani.

Kepala Bidang Bisnis hasil olahan dan daya saing Product hasil perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Pandeglang, Nuridawati ketika dimintai tanggapannya pada Gerbang Banten, mengatakan, pihaknya mengapresiasi setiap langkah atau upaya dari kelompok tani dalam menata dan mengolah lahan perikanannya.

Perihal adanya lokasi perikanan yang dikatakan bagus dalam penataan terutama menata dengan memanfaatkan lahan yang ada, tentu hal itu merupakan sebuah kreatifitas para petani budi daya ikan yang ingin lokasi dapat multi product.

“Memang saya juga kagum melihat suasana kolam budi daya ikan di Mina Berkah. Selain akan menghasilkan panen ikan, disana petani ikan juga akan mendapat hasil dari tanaman holtikuturanya tersebut. Kalau saja fokus untuk lebih dikembangkan. Saya yakin hasilnya akan lebih dapat dirasakan oleh mereka (petani-red).”, tutupnya (Indra)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.