Hari Pertama Uji Coba PTM tingkat SMA di Kota Tangerang

KOTA TANGERANG (suarasiber.co.id) – Hari pertama Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) tingkat SMA di Kota Tangerang dilaksanakan, Senin (06/09/21). Setelah kurang lebih tiga semester Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilakukan secara daring atau dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Salah satu sekolah yang melakukan uji coba PTM yakni, SMA Negeri 1 Kota Tangerang. Pada uji coba ini, peserta didik yang mengikuti KBM secara langsung dibatasi hanya 50% dari total yakni 36 peserta didik per kelasnya.

“Hari ini kami lakukan uji coba PTM khusus untuk kelas XII dengan total sembilan kelas, yakni enam kelas MIPA dan tiga kelas IPS. Kalo untuk setiap kelas diisi maksimal hanya 18 peseta didik dan satu guru mata pelajaran,” ujar Niniek Nurcahya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Kota Tangerang.

Niniek juga menjelaskan, dalam satu hari peserta didik menerima tiga mata pelajaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Dimulai dari pukul 8 pagi hingga 11 siang dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.

“Peserta didik diwajibkan untuk sarapan terlebih dahulu di rumah, karena pada saat di sekolah mereka hanya diperbolehkan minum. Dan untuk datang ke sekolah mereka disarankan untuk tidak menggunakan angkutan umum. Pada saat di sekolah pun mereka harus tertib dengan protokol kesehatan yang selalu terapkan,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Niniek, jika PTM yang dilakukan saat ini dengan sistem satu rombel satu minggu berjalan baik, pihaknya akan melanjutkan PTM untuk peserta didik kelas XI dan kelas X dengan sistem yang sama yaitu 50% dari kapasitas.

“Kami lakukan uji coba selama dua minggu untuk kelas XII. Kalo ini berjalan lancar, kami lanjut untuk kelas XI dan selanjutnya kelas X. Targetnya pada saat semester genap besok bisa masuk semuanya dengan sistem 50%,” lanjut Niniek.

Sementara untuk capaian vaksinasi di SMA Negeri 1 Kota Tangerang, untuk peserta didik telah mencapai 98% dan untuk tenaga pendidik serta pegawai sekolah telah mencapai 95%.

“Alhamdulillah untuk persentase vaksin di sini sudah di angka lebih dari 95%. Ini tentu berkat dukungan dari semua pihak, salah satunya Pemkot Tangerang yang telah melakukan vaksinasi massal kepada peserta didik tingkat SMA,” katanya.

Jika dalam pelaksanaan PTM ditemukan kendala pada kesehatan peserta didik, pihaknya telah berkoordinasi dengan kecamatan dan puskesmas setempat.” Jika memang ada peserta didik yang mengalami keluhan kami sudah siapkan ruang observasi, dan berkoordinasi dengan Kecamatan Tangerang serta Puskesmas Sukasari,” pungkasnya.

facebook sharing buttontwitter sharing buttonwhatsapp sharing buttontelegram sharing buttonsharethis sharing button (Humas).

Bagikan di Media Sosial mu