Hadapi pandemi COVID-19, MUI apresiasi Polri


Wakil Sekjen MUI M Azrul Tanjung (tengah) bersama mitra dari Polri usai menyaksikan vaksinasi di Kota Tua Taman Sari Jakarta Barat, Senin 23 Agustus 2021 (Foto: Istimewa)

Jakarta – Wakil Sekjen MUI M Azrul Tanjung menyatakan, pihaknya mengapresiasi Polri yang telah menunjukkan komitmen kuat untuk turut mengatasi pandemi COVID-19, meski tugas utamanya adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.
“Kami mengapresiasi Polri setinggi-tingginya karena telah menunjukkan kesungguhan dalam menghadapai pandemi, meski kegiatan itu sebenarnya berada di luar tugas utamanya. Kami senang bekerjasama dengan Polri, terutama dalam penyelenggaraan vaksinasi,” katanya dalam perbincangan dengan wartawan di Kota Tua Jakarta, Senin (23/8/2021).
Wakil Sekjen MUI Bidang Ekonomi yang juga Sekretaris Gerakan Nasional Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Umat (Gernas PCPEU) MUI itu berada di Kota Tua Taman Sari Jakarta Barat untuk menyaksikan vaksinasi ke-2 bagi warga setempat dan sekitarnya yang diselenggarakan atas kerjasama MUI dengan Polri.
MUI dan Polri sudah beberapa kali menyelenggarakan vaksinasi bagi warga di beberapa daerah di Jakarta dan Bogor. MUI juga melakukan kegiatan yang sama dengan TNI, Kementerian Kesehatan, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang kesemuanya berjalan lancar dan sesuai target.
Menurut Azrul Tanjung, selain menyelenggarakan vaksinasi bersama, MUI dan Polri juga membagikan beras kepada pondok pesantren dan warga di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Bali.
“Saya juga melihat aparat kepolisian dari tingkat Polda, Polres, sampai Polsek aktif bersama pihak-pihak terkait dalam menyelenggarakan vaksinasi dan pembagian sembako bagi warga di banyak daerah pada masa pandemi ini,” kata Azrul Tanjung.
Ia menyatakan, MUI, TNI, dan Kementerian Kesehatan juga bersiap untuk menyelenggarakan vaksinasi di beberapa daerah di luar Jawa dalam upaya mempercepat program vaksinasi nasional sebagai bagian penting dari ikhtiar bagi kesuksesan bersama untuk keluar dari pandemi COVID-19.
MUI sendiri, lanjutnya, berkomitmen menjadi yang terdepan membantu negara dalam mengatasi COVID-19, khususnya mengawal pelaksanaan vaksinasi agar umat dan bangsa Indonesia terlindungi dari bahaya virus Corona.
Azrul Tanjung menambahkan, Gerakan Nasional Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Umat (Gernas PCPEU) MUI itu sendiri berskala nasional dengan melibatkan organisasi massa Islam, lembaga filantropi, dan jaringan MUI Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
Khusus penanganan COVID-19 dalam hal kesehatan yang dilakukan Gernas MUI berfokus pada penyediaan vaksin dan obat-obatan sesuai rekomendasi tenaga kesehatan serta penyediaan oksigen, masker, dan hand sanitizer.

Bagikan di Media Sosial mu