Gubernur WH : Kota Serang Etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten

SERANG (gerbangbanten.co.id) – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) berharap Kota Serang tumbuh menjadi etalase dan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten. Sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, Kota Serang sebagai penyangga Pemerintah Provinsi Banten.

Hal itu diungkap Gubernur Banten dalam sambutan yang dibacakan oleh Asda I Setda Provinsi Banten dalam Rapat Paripurna Memperingati Hari Jadi Kota Serang ke 14 Tahun 2021 di Gedung DPRD Kota Serang Jl. Syech Nawawi Al Bantani Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang (Selasa, 10/8/2021).

Gubernur WH mengajak seluruh elemen untuk memaknai Hari Jadi Kota Serang yang ke-14 di tengah Pandemi Covid-19 sebagai momentum membangun semangat, optimisme serta penerapan nilai-nilai disiplin dan gotong royong yang harus kita implementasikan bersama-sama dalam kehidupan masyarakat. Mengajak seluruh masyarakat Banten untuk bahu membahu, saling tolong menolong di tengah pandemi Covid-19.

“Gerakan swadaya masyarakat, alim ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat bersama perguruan tinggi, pemerintah daerah, industri, civil society dan media massa, saya harapkan dapat saling menguatkan,” ungkapnya.

Pemerintah Provinsi Banten, baca Septo, juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membangun sikap optimisme meningkatkan edukasi dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Banten.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar masyarakat dapat kembali menjalani rutinitas dengan aman dan produktif. Syukuran hari jadi Kota Serang harus dijadikan sarana bagi seluruh pihak untuk berintrospeksi sejauh mana kemajuan daerah telah tercapai. Sejauh mana kita telah berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat di Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten,” baca Septo.

Di ulang tahunnya kali ini, Pemerintah Kota Serang juga diharapkan dapat melakukan berbagai upaya membangun kota berbasis identitas atau dikenal dengan istilah program city branding yang berbasis pada identitas dan kultur daerah Kota Serang dalam rangka mempromosikan Kota Serang sebagai Ibu Kota Provinsi Banten.

Pemerintah Kota Serang perlu membangun sistem jaringan jalan dan transportasi yang baik sebagai persyaratan dasar untuk mendukung pertumbuhan daerah, menunjang fungsi kota sebagai pusat pertumbuhan dan mendorong pemerataan pembangunan di Kota Serang. Selain itu, pembangunan prasarana dan sarana kota agar terus ditingkatkan, khususnya pembangunan fasilitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Pemerintah Provinsi Banten telah mengusulkan pembangunan infrastruktur strategis di pusat Kota Serang kepada Pemerintah Pusat. Salah satunya adalah pembangunan fly over di ruas Jalan Sudirman Kota Serang yang diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di perlintasan kereta api yang merupakan akses utama keluar masuk Kota Serang,” bacanya.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Banten tengah melaksanakan pembangunan Jembatan Bogeg yang terhubung dengan jalan protokol provinsi menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) yang diharapkan dapat meningkatkan infrastruktur strategis untuk pengembangan kawasan Kota Serang.

Sementara itu Walikota Serang Syafrudin mengungkapkan peringatan hari ulang tahun mengingat masa lalu untuk menatap tantangan masa depan.

“Kota Serang turun dari PPKM Level 4 ke Level 3. Meski demikian, mobilitas warga harus ditekan namun tetap mendorong warga masyarakat Serang untuk tetap produktif. HUT tahun ini diselenggarakan dengan sederhana di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya. (Red)

Bagikan di Media Sosial mu