Dirbinmas Polda Banten Hadiri Riungan Adat di Desa Cibarani

LEBAK – Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si menghadiri acara riungan adat di Desa Cibarani, Kecamatan Cirenteun, Kabupaten Lebak.

Riungan adat ini mengambil tema “Mageuhkeun Pager, Sabeungkeutan Ngaraksa Alam Gunung Liman”. Dan kegiatan ini dipimpin langsung oleh Abah Jaro Dulhani selaku Kepala Desa dan Kasepuhan. Minggu, (10/10/2021).

Saat ditemui, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan riungan adat di Desa Cibarani, Kecamatan Cirenteun, Kabupaten Lebak.

“Hari ini saya mewakili bapak Kapolda Banten untuk menghadiri acara riungan adat atau musyawarah adat bersama Kasepuhan adat dan masyarakat Desa Cibarani,” ucap Riki Yanuarfi.

“Untuk itu saya menyambut baik serta mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan riungan adat ini,” lanjutnya.

Riki Yanuarfi menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk bermusyawarah bersama masyarakat yang tinggal di sekitar Kecamatan Cirenteun.

“Dalam kegiatan ini, seluruh masyarakat Desa Cibarani Kecamatan Cirenteun melakukan musyawarah. Adapun hasil dari musyawarah ini, seluruh masyarakat berkomitmen untuk menjaga kelestarian adat dan alam gunung Liman agar tidak di rusak oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” tambahnya.

Lebih lanjut, Riki Yanuarfi menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini dilakukan beberapa rangkaian adat seperti pemotongan kerbau, pertunjukan kesenian tradisional dan lainya. Dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada alam gunung Liman yang sampai saat ini masih dijaga oleh Masyarakat.

“Untuk itu saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin tali silahturahmi antara para Kasepuhan adat di Kecamatan Cirenteun dan masyarakat sekitar untuk menjaga kelestarian adat dan alam gunung Liman,” tutup Riki Yanuarfi.

Turut hadir dalam kegiatan ini ialah Kasubdit Satpam/Polsus Ditbinmas Polda Banten AKBP Tri Laksono, S.H., M.M, Kasat Binmas Polres Lebak Iptu Supar, S.H, Kapolsek Cirenteun Iptu Rusnaka, Danramil Cirinteun Kapten CZI Sulaksana Nurkamal Kaur Binmas Polres Lebak Ipda Tjik Denmar, Bhabinkamtibmas Desa Cibarani dan seluruh masyarakat Desa Cibarani. (BP)

Bagikan di Media Sosial mu