Saturday 14th December 2019

Dindikbud Tangsel Sosialisasi Regulasi PPDB


TANGSEL (Gerbang Banten)- Jelang Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sosialisasikan regulasi PPDB di Cilenggang, Tangsel, Minggu (23/6).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel Taryono mengatakan bahwa Kota Tangsel berkomitmen menjalankan aturan dari Pemerintah yakni, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB 2019 yang mengacu pada sistem zonasi. Namun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.
” Kota Tangsel menyesuaikan dengan kondisi persebaran SMP Negeri yang tidak merata dan jumlah sekolah yang hanya 22 SMP untuk 7 kecamatan. Seperti Kecamatan Pamulang yang memiliki 5 sekolah dan Kecamatan Ciputat 1 sekolah,” terang Taryono.

Lanjutnya, diskresi dalam memprioritas PPDB online tingkat SMP Negeri dituangkan dalam Keputusan Walikota No 421.3/Kep.218-Huk/2019 tentang Zonasi PPDB Online dengan rincian, Jalur zonasi prestasi akademik kuotanya 45 persen, jalur zonasi jarak 30 persen, jalur zonasi keluarga tidak mampu, disabilitas/inkluisi dan aparatur negara 10 persen, jalur prestasi dalam dan luar zona 5 persen dan perpindahan orangtua serta luar Tangsel kuota 5 persen.

” Sistem zonasi prestasi akademik diterapkan
untuk memberikan rasa adil bagi anak yang meraih prestasi tinggi dalam nilai ujian selain prestasi dibidang kesenian, olahraga dan lainnya sehingga siswa yang mempunyai nilai tinggi bisa lebih termotivasi untuk meningkatkan prestasi akademiknya di sekolah,” terang Taryono.

Untuk diketahui jadwal PPDB 2019 di Tangsel yakni, Pada tanggal 24 – 27 Juni pukul 08.00 – 15.00 WIB 2019 akan dilakukan prapendaftaran untuk Jalur Luar Zonasi, Jalur Prestasi, Jalur Perpindahan Orang Tua dan Peserta Didik dari Luar Kota Tangerang Selatan yang dilaksanakan di sekolah pilihan.
Sementara itu untuk pendaftaran Jalur Zonasi Jarak dilakukan secara online selama dua hari yaitu tanggal 26 – 27 Juni 2019 pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Hasil dari pendaftaran Jalur Zonasi Jarak akan diumumkan pada 29 Juni 2019.

Pendaftaran PPDB di luar Jalur Jarak (Jalur Luar Zonasi, Jalur Prestasi, Jalur Perpindahan Orang Tua dan Peserta Didik dari Luar Kota Tangerang Selatan) digelar pada 3 – 5 Juli 2019 pukul 08.00 – 15.00 WIB yang dilakukan di sekolah pilihan dengan cara online/offline.

Hasil PPDB selain Jalur Jarak diumumkan di online pada website dan offline di sekolah pada 8 Juli 2019. Pada 9-11 Juli 2019 sudah mulai dilakukan pendaftaran ulang peserta didik baru yang diterima yang dilakukan di setiap masing-masing sekolah pilihan.(Ben)

What do you think of this post?
  • Awesome (0%)
  • Interesting (0%)
  • Useful (0%)
  • Boring (0%)
  • Sucks (0%)
Jasa Pembuatan Website

Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan