Deteksi Dini Kanker Serviks dengan IVA Di Puskesmas Cileles

LEBAK (Gerbang Banten) – Test Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan salah satu cara untuk deteksi dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim. Test IVA diketahui tidak sakit dan dinilai efektif mendeteksi kanker serviks. Seperti tepatnya  di Puskesmas Cileles, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak tengah dilangsungkan tes IVA bagi ratusan ibu-ibu untuk diketahui secara dini  terjangkit tidaknya kanker serviks tersebut.

Pada sambutannya ketua panggerak PKK Kabupaten Lebak, Ani Ade Sumardi menjelaskan, dalam hal ini tidak semua Puskesmas bisa diajak kerjasama, dan Alhamdulillah di Puskesmas Cileles mau melaksanakan sehingga kami ucapkan terima kasih. ” sebetulnya test IVA ini untuk kepentingan masyarakat dan ini tugas kita semua agar masyarakat khususnya ibu-ibu di Kabupaten Lebak sehat semua “. Katanya. Rabu (30/8/2017).

Menurut Ani, kegiatan ini juga dalam rangka melaksanakan program PKK,  dan kegiatannya dilakukan dari bulan kemarin dengan cara berkeliling setiap hari rabu dan minggu di 28 Kecamatan. ” kita sudah bentuk tim yakni medis dan sudah disetujui Bupati Lebak selaku pembina. Harapannya semoga ibu-ibu di Kabupaten Lebak sehat, tidak terkena kanker serviks”. Jelasnya.

Sementara menurut Kepala Puskesmas Cileles  H.Rapei, kami mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, dan ini merupakan bentuk kecintaan tim penggerak PKK baik Kabupaten maupun Kecamatan  kepada kita khususnya masyarakat Kecamatan Cileles untuk memperhatikan kesehatan. ” pemeriksaan IVA ini merupakan deteksi dini untuk mengetahui hasil positif atau negatif dan ini merupakan bentuk pengendalian penyakit”. Katanya

Pada pemeriksaan lanjut H.Rapei, ibu-ibu jangan takut karena tidak akan merasa sakit mengingat hanya dilihat oleh dokter, bidan dan perawat. Semuanya harus merasa senang demi kesehatan masing-masing sehingga kita bisa wujudkan Lebak Sehat 2019 .

Kata Kepala Puskesmas Cileles, Kegiatan ini merupakan upaya pengendalian kanker serviks. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan deteksi dini dengan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan deteksi kanker dengan melakukan IVA Test maka bisa diketahui apakah seseorang positif pra kanker (sebelum kanker) atau tidak. Apabila dari IVA Test diketahui hasilnya positif dimana biasanya ada tanda seperti bercak putih tetapi bukan berarti orang tersebut mengidap kanker leher rahim.

“Dengan ada bercak putih bukan berarti positif kanker, kita mulai mencurigai pra kanker artinya sebelum kanker. Ini sangat baik, sebelum terjadi kanker kita sudah tahu bahwa kita mengidap pra kanker dan bisa diobati langsung,” . Paparnya

H.Rapei menambahkan, dengan mengetahui hasil IVA Test maka kanker serviks dapat dicegah. Untuk itu kami (pihak kesehatan-red) mengajak masyarakat untuk ramai-ramai melakukan IVA Test karena dari sisi biaya juga tidak mahal. Pungkasnya.

Kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan cara Test IVA, Puskesmas Cileles dibantu Puskesmas Prabugantungan, selain itu terlaksana atas kekompakan tim penggerak PKK Kecamatan yang dipimpin langsung oleh ketua PKK tingkat Kecamatan sehingga, bisa menghadirkan ibu-ibu PKK dari tiap Desa yang ada di Kecamatan Cileles sebagai peserta. Pada acara juga turut hadir Muspika Kecamatan Cileles yakni, Camat ,Kepala UPT, Kapolsek, serta perwakilan Koramil.(HD)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.