Dekopinda Tangsel Gelar Rakerda

 

SERPONG (Gerbang Banten), – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel)melakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Rumah Makan Remaja Kuring, Serpong, Tangsel, Selasa (28/8).

Menurut Ketua Dekopinda Tangsel Dudung E Diredja, selama tiga tahun pihaknya sudah melakukan tiga fungsi utama. Adapun tiga fungsi utama adalah mengedukasi anggota koperasi dengan mendidik para manager dan pengelola koperasi. Bahkan kita mendidik anggota koperasi yang masuk di dalam keanggotaan kita.

“Pada 2017 telah mampu mendidik 350 peserta. Dana pendidikannya berasal dari dana hibah sebesar Rp 200 juta. Harapannya dengan pendidikan maka peserta didik akan memiliki kemampuan yang mumpuni dibidang koperasi,” ungkapnya.

Tahun 2018 ditargetkan peserta didik sebanyak 450 orang. Dengan demikian diharapakan peserta didik yang sudah diberi pendidikan tadi kewajibannya bisa menyebarluaskan hasil pendidikannya kepada yang lain.

“Kita juga telah mampu melakukan fasilitasi jika terjadi satu ketidaksesuaian baik antara anggota dengan lembaga koperasi, maupun antar lembaga koperasi lainnya,” kata Dudung.

Dekopinda harus mampu menyerap keinginan anggotanya. Keinginan yang ada di anggota kita harus d formulasikan, dari keinginan itu kita menyampaikan pada pemerintah daerah.

“Disamping itu Dekopinda mendengar apa yang menjadi kemauan pemerintah daerah. Sebab fungsi Dekopinda adalah mensosialisasikan program tersebut.
Dengan pola seperti ini diharapkan ada kolaborasi yang baik antara pemerintah dengan koperasi,” ungkapnya.

Sementara, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan bahwa rapat kerja adalah agenda wajib dari organisasi di daerah, yang harus dilaksanakan karena merupakan amanat dari AD/ART melalui musyawarah daerah, nantinya akan dihasilkan keputusan-keputusan penting yang akan menentukan eksistensi, arah, aktifitas dan kemajuan organisasi.

“Selaku walikota, saya sangat menyambut baik pelaksanaan Rakerda ini. Saya sangat berharap, nantinya pelaksanaan rakerda ini dapat berjalan dengan lancar, dan sesuai dengan tujuan rakerda,” ungkapnya.

Kepada ketua Dekopinda beserta jajarannya perlu diingat, bahwa kita semua pada prinsipnya adalah pelayan masyarakat. Kita semua ada untuk melayani masyarakat. perlu saya sampaikan bahwa dalam upaya memajukan dunia koperasi, pemerintah kota melalui OPD terkait telah mengambil langkah-langkah strategis.

Beberapa langkah atau upaya konkrit dari pembinaan ini antara lain program pelatihan di bidang manajemen perkoperasian, termasuk didalamnya pelatihan di bidang keuangan dan, perpajakan.

Kedua, pemberian bantuan peralatan untuk mendukung sisi produksi dan ketiga, mengikutsertakan koperasi dalam pameran baik di dalam negeri maupun di luar negeri untuk mendukung pemasaran

“Pemberian pembinaan ini berdasarkan pengamatan bahwa, masalah mendasar yang dihadapi oleh koperasi adalah dalam sisi permodalan, manajemen, pemasaran dan kapasitas sumberdaya manusia,” kata Airin. (Hms/ben)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.