BPJamsostek Kabupaten Tangerang Sosialisasi Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)

BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Kabupaten Tangerang menggelar sosialisasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (JKP) kepada perusahaan binaan, di Kantor Cabang Kabupaten Tangerang, Rabu (9/6).

Program JKP tertuang dalam Peraturan Pemerintan (PP) Nomor 37 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Aturan ini merupakan turunan dari undang – undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

 

Program JKP merupakan program kelima setelah program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Program ini sekaligus memperkuat upaya dukungan dan perlindungan pemerintah melalui BPJAMSOSTEK terhadap seluruh pekerja di Indonesia dimana program ini nantinya akan memberikan jaminan perlindungan kepada pekerja yang kehilangan pekerjaannya akibat pemutusan hubungan kerja lewat 3 manfaat unggulan yaitu pelatihan kerja, akses informasi pasar kerja dan uang tunai.
Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Kepala Kantor Cabang Kabupaten Tangerang, Maulana Zulfikar “manfaat JKP akan diberikan dalam tiga bentuk. Mulai dari uang tunai paling banyak enam bulan, yang diberikan setiap bulan”.

Uang tunai yang diberikan itu terbagi atas 45 persen dari upah untuk tiga bulan pertama dan 25 persen untuk tiga bulan berikutnya.

Peserta JKP juga mendapat manfaat dalam bentuk akses informasi pasar kerja berupa informasi dan bimbingan jabatan oleh petugas antarkerja melalui sistem informasi ketenagakerjaan. Informasi pasar kerja itu berupa lowongan, sedangkan bimbingan dalam bentuk asesmen atau konseling karir.

Manfaat lain berupa pelatihan kerja. Manfaat ini diberikan secara online maupun offline melalui lembaga pelatihan kerja milik pemerintah, swasta, atau perusahaan yang sudah terverifikasi oleh sistem informasi ketenagakerjaan.
Untuk mendapatkan manfaat tersebut peserta program JKP harus memenuhi persyaratan yaitu Warga Negara Indonesia (WNI), saat pertama kali menjadi peserta JKP usia belum mencapai 54 tahun, mempunyai hubungan kerja dengan Perusahaan baik PKWTT maupun PKWT, Peserta pada perusahaan skala menengah dan besar terdaftar 5 program (JKK,JKM,JHT,JP,JKN). Sedangkan peserta pada perusahaan skala kecil dan mikro terdaftar 4 program (JKK, JKM, JHT, JKN).
Sebagai badan penyelenggaran jaminan sosial bagi pekerja, BPJAMSOSTEK telah memiliki program baru yaitu program jaminan kehilangan pekerjaan (JKP).

Guna mengedukasi para pekerja tentang program ini, BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Kabupaten Tangerang, secara masif terus melakukan sosialisasi.(RIS/tr)

Bagikan di Media Sosial mu