BPJAMSOSTEK Kabupaten Tangerang Gelar Webinar Sosialisasikan Manfaat Program Kepada Perusahaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Kabupaten Tangerang melakukan sosialisasi manfaat program di tengah pandemi Covid-19 melalui webinar pada Kamis (4/3/2021).

Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan Head of Human Resources (HRD) dari 10 Perusahaan peserta BPJAMSOSTEK Cabang Kabupaten Tangerang.

Diantaranya, PT Sentra Polimer Prima Nusantara, PT. Tigarakasa Golf Residence, PT Indonesia Solar Global dan PT. Green Source Indonesia, membahas mengenai Manfaat Layanan Tambahan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Kabupaten Tangerang, Maulana Zulfikar menjelaskan sosialisasi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pembinaan dalam rangka Customer Relationship Managemet (CRM) serta melakukan edukasi terhadap perusahaan peserta mengenai peningkatan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019.

Manfaat JKK selama ini telah hadir secara lengkap, seperti perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian karena kecelakaan kerja sebesar 48x upah, santunan cacat total hingga maksimal sebesar 56x upah, bantuan beasiswa, hingga manfaat pendampingan dan pelatihan untuk persiapan kembali bekerja (return to work).

Manfaat JKK di atas menjadi semakin baik lagi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2019, antara lain berupa santunan pengganti upah selama tidak bekerja, ditingkatkan nilainya menjadi sebesar 100% untuk 12 bulan dari sebelumnya hanya 6 bulan. Setelah 12 bulan dan seterusnya pengganti upah ditanggung sebesar 50% hingga sembuh.

Manfaat lainnya dari biaya transportasi angkutan darat yang juga meningkat dari Rp1 juta menjadi maksimal Rp 5 juta, angkutan dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2 juta, dan angkutan udara menjadi Rp 10 juta dari sebelumnya Rp 2,5 juta.

Peningkatan manfaat lainnya adalah bantuan beasiswa yang merupakan manfaat dari program JKK yang mendapatkan kenaikan sangat signifikan. Jika sebelumnya bantuan beasiswa diberikan sebesar Rp 12 juta untuk satu orang anak, kini menjadi maksimal sebesar Rp 174 juta dan dapat diberikan kepada maksimal dua orang anak.

Pemerintah juga menambahkan manfaat JKK dengan perawatan di rumah atau home care dengan manfaat yang tidak tanggung-tanggung yaitu sebesar maksimal Rp 20 juta untuk maksimal 1 tahun per kasus dan diberikan kepada peserta yang tidak memungkinkan melanjutkan pengobatan ke rumah sakit.

Peraturan Pemerintah tersebut juga mengatur pemeriksaan diagnostik, yang dimaksudkan untuk pemeriksaan dalam rangka penyelesaian kasus Penyakit Akibat Kerja (PAK). Hal ini dilakukan untuk memastikan pengobatan dilakukan hingga tuntas.

Program JKM juga mendapatkan peningkatan manfaat yang cukup signifikan. Selama ini manfaat program JKM yang diterima ahli waris terdiri dari santunan kematian yang diberikan secara sekaligus dan berkala selama 24 bulan, bantuan biaya pemakaman dan beasiswa untuk 1 orang anak dengan total manfaat sebesar Rp 24 juta.

Namun, dengan disahkannya peraturan ini total manfaat santunan JKM meningkat sebesar 75% menjadi Rp 42 juta.
Adapun perincian santunan kematian program JKM naik dari Rp 16,2 juta menjadi Rp 20 juta, santunan berkala meninggal dunia dari Rp 6 juta untuk 24 bulan menjadi Rp 12 juta, dan biaya pemakaman naik dari Rp 3 juta menjadi Rp 10 juta.

Selain manfaat di atas, program JKM juga memberikan bantuan beasiswa dengan perubahan poin-poin yang sama dengan manfaat program JKK, yaitu maksimal mencapai Rp 174 juta untuk dua orang anak.

Meski ditengah Pandemi Covid-19 kami tetap melaksanakan tanggung jawab kami sebagai penyelenggara jaminan sosial dengan memberikan pemahaman dalam bentuk sosialisasi daring, dengan terlaksana sosialisasi ini, kami harap peserta semakin memahami manfaat program yang diberikan oleh BP Jamsostek,“ ujar Kakacab BPJAMSOSTEK Kabupaten Tangerang Maulana Zulfikar. (Red)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.