Biro Bina Ekonomi Rapat koordinasi Forum Pengembangan Ekonomi Banten ( FPEB) Klaster Ekonomi Minapolitan.

GerbangBanten, Serang – Biro Bina Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Banten lakukan Rapat koordinasi Tim Forum pengembangan ekonomi Banten(FPEB) klaster ekonomi minapolitan Kabupaten Serang,kec Pontang, desa Domas dan desa Wanayasa yang di selenggarakan di aula Sekretariat Daerah Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten(KP3B)Kota Serang,kamis(27/4).

Kegiatan tersebut di buka oleh Drs Budi Suryono selaku kabag sarana perekonomian di Biro Bina Perekonomian Provinsi Banten di dampingi Rohmawati M.Si, kasubag penanaman modal dan promosi serta paparan dari tim narasumber seperti dari kementerian koordinator perekonomian,kadis DKPP Kabupaten Serang,Asisten Pembangunan Perekonomian,ketua CSR Provinsi Banten,ahli lingkungan hidup,Bappenas pusat,Bank Indonesia,kompak dan kominfo serta koperasi UMKM.

“Untuk mewujudkan desa Domas dan desa Wanayasa sebagai desa Minapolitan atau desa dengan konsep pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip integritas,efesiensi,berkualitas dan percepatan,maka dibutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak.”buka Budi Suryono

Budi mengatakan,”banyak program yang sudah kita lakukan untuk mewujudkan itu,seperti pembangunan gerbang selamat datang di minapolitan,pembangunan jambanisasi,bantuan pembangunan bedah rumah,bantuan pembangunan masjid,bantuan pembangunan Majlis Ta’lim, beasiswa dan sebagainya”katanya.

“Semua itu kita kerjakan atas kerja sama dengan CSR BJB.untuk saat ini baru CSR BJB yang kita jalin kerjasama,mudah-mudahan kedepannya kita bisa kerjasama dengan bank-bank lain.”tuturnya

Dalam pengembangan desa Domas tersebut,kita tidak hanya membangun kawasannya saja tapi kita juga turut mengembangkan sumber daya manusianya juga melalui pelatihan UMKM agar hasil-hasil lautnya dapat kita olah dan memiliki daya jual yang lebih tinggi.kita tau bahwa hasil produksi perikanan budidaya kabupaten Serang sekitar 70,334.41 ton per bulan dan 97.59% disumbang oleh kawasan Minapolitan. “Jelas Budi Mulyono, kadis ketahan pangan dan perikanan kabupaten Serang.

Dalam pengembangan UMKM,kita masih mengalami kendala dalam masalah modal, namun melalui rapat koordinasi ini bisa kita saling kerjasama dengan Bappenas,Bank Indonesia serta koprasi UMKM bahkan dalam bidang pemasarannya kita jalin kerjasama dengan kominfo agar hasil UMKM ini bisa kita pasarkan lawat jalur online. “tambah budi.

“Semoga pembangunan kawasan Minapolitan di Domas dan Wanayasa ini dapat di selesaikan sesuai jadwal,tentunya dengan kerjasama dan dukungan semua pihak. “tutup Rohmawati selaku
kasubag penanaman modal dan promosi. (Adt)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.