Kapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si beserta rombongan kunjungi Suku Baduy luar di Kp. Cisaban 2 Desa Kanekes Kec. Leuwidamar Kab. Lebak yang mengalami kebakaran, sekitar 105 orang warga Baduy luar mengungsi.
Kebakaran terjadi selasa (23/5), Kronologis Peristiwa musibah kebakaran di Kp. Cisaban 2 Ds. Kanekes Kec. Leuwidamar Kab. Lebak yang mengakibatkan terbakarnya rumah warga, sekitar kurang lebih sebanyak 84 rumah (105 KK ) dan leuit (Lumbung padai) 200 yang terbakar. diduga api berasal dari tungku api pengolahan gula aren yang berada di rumah warga Daipan sehingga api langsung membakar rumah Daipan sehingga merambat keseluruh pemukiman rumah warga Baduy yang terbuat dari bahan bangunan yang mudah terbakar, untuk korban jiwa nihil namun satu orang mengalami luka bakar Atas nama Daipan,”Kata Akbp Zaenudin Kabid Humas Polda Banten

Zaenudin mengatakan, Kendala yang di lalui menuju tempat kejadian terbakarnya rumah panggung yang berada di pemukiman warga baduy tersebut yaitu kondisi jalan yang sulit di lalui oleh kendaran bermotor, sehingga harus menggunakan jalur alternatif yaitu lewat dari arah wilayah hukum kec. Sobang Kab. Lebak dan untuk menuju sampai ke lokasi TKP di perkirakan kurang lebih sekitar 3 kilometer dengan berjalan kaki karena tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Zaenudin menjelaskan, Kemudian pada hari rabu, (24/5) jam 02.30 Wib ( dini hari ) Kapolres Lebak, Waka Polres Lebak, Kasat Intelkam, Kasat Sabhara dan Kanit Tipikor, berangkat menuju ke Kp. Cisaban Desa Kanekes Kec. Leuwidamar Kab. Lebak ( Baduy Luar ) melalui rute Karang Combong Desa hariang Kec. Sobang, untuk mendatangi lokasi Kebakaran. Dan warga suku Baduy sudah mengungsi di desa tetangga dan ada yang di tenda-tenda yang tetbuat dari terpal.

Masih kata Zaenudin, selanjutnya, Pada hari Rabu (24/5) jam 16.00 wib Kapolda Banten beserta, Kasat Brimob, Dir Sabhara, kabid humas polda Banten ( rombongan ) telah tiba di Ds Hariang Kec Sobang tidak jauh dari lokasi kebakaran dalam rangka pemantauan dan monitor langsung kejadian kebakaran sekaligus memberikan bantuan terhadap korban kebakaran

Kedatangan Kapolda Banten disambut langsung oleh Camat Sobang, Kapolres Lebak, Kepala desa Suku Baduy, kepala ds Hariang dan perwakilan masyarakat baduy luar.

Adapun sembako yg disumbangkan oleh Kapolda banten diantaranya Uang Rp 100.000.000, ( seratus juta rupiah), 10 ton beras, ikan asin, garam, indomie, kain sarung, dan minyak goreng,”ungkap Zaenudin.(Bangun/hms)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.