2020 Banyak Guru Pensiun, Guru Honorer K2 diharapkan segera diangkat PNS

Serang, Gerbang Banten – Secara formal, guru adalah seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana, dan telah memiliki ketetapan hukum yang sah sebagai guru berdasarkan undang-undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.
Guru tetap adalah Guru yang telah memiliki status minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan telah ditugaskan di sekolah tertentu sebagai instansi induknya. Selaku guru di sekolah swasta, guru tersebut dinyatakan guru tetap jika telah memiliki kewewenangan khusus yang tetap untuk mengajar di suatu yayasan tertentu yang telah diakreditasi oleh pihak yang berwenang di kepemerintahan Indonesia.
Guru honorer adalah Guru tidak tetap yang belum berstatus minimal sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan digaji per jam pelajaran. Seringkali mereka digaji secara sukarela, dan bahkan di bawah gaji minimum yang telah ditetapkan secara resmi. Secara kasat mata, mereka sering nampak tidak jauh berbeda dengan guru tetap, bahkan mengenakan seragam Pegawai Negeri Sipil layaknya seorang guru tetap.
Di Kecamatan Padarincang status Guru Honorer status sarjana disetiap sekolah Sd, Smp, Sma kalau dihitung banyak mereka sudah mengabdikan ada yang sudah 10 Tahun bahkan sampai 15 Tahun hal ini disampaikan Sekjen PGRI Kecamatan Padarincang Kusnendi, S.pd kepada Gerbang Banten Pekan lalu.
Guru yang sudah mengabdikan sudah bertahun tahun lamanya mereka sudah teruji dan berpengalaman dalam memberikan pengajaran kepada para siswa bahkan secara psikologis sudah dapat mengetahui sifat karakter siswa sehingga para guru honorer mampu menyesuaikan dalam pelaksanaan KBM disekolah.
Bagaimana nasib para guru honorer K2 sampai hari ini belum ada kabar pengangkatan Cpns kami harap kepada pemerintah agar memperhatikan bagaimana nasib para guru honorer dan segera untuk diangkat menjadi PNS. harapnya.
Menurutnya pada tahun 2020 guru PNS akan banyak yang pensiun oleh karenanya harus mempersiapkan generasi guru sehingga sekolah tidak akan kekurangan tenaga pengajar.ujarnya.(nur)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.