Para kades se-kecamatan Kibin dan Koramil 0219 cikande Nonton bareng pemutaran film pengkhianatan gerakan G30SPKI bersama warga.

Para kades se-kecamatan Kibin dan Koramil 0219 cikande Nonton bareng pemutaran film pengkhianatan gerakan G30SPKI bersama warga.

Serang, GerbangBanten-​ Para pejabat desa se-kecamatan Kibin dan jajaran koramil 0219 cikande mengadakan​ nonton bareng bersama masyarakat kecamatan kibin, yang pemutaran nya bergilir di masing-masing desa di wilayah kecamatan kibin, yang di mulai dari desa Barengkok, sukamaju nagara , tambak, ciagel, Kibin , Cijeruk,Ketos, dan Nambo ilir.
Dalam kegiatan ini masyarakat sangat menyambut dengan antusias, karena bukan hanya mengenang para pahlawan saja , melainkan juga mengajarkan kepada generasi muda untuk selalu mengenang peristiwa sejarah Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang para jendral yang telah di culik ,di bunuh, dan di khianati dalam agresi militer gerakan G30SPKI serta untuk menyambut HUT TNI ke-72.
Pemutaran film kontroversial ini di putar di dua kecamatan di wilayah komando rayon militer 0219 cikande.

Babinsa Desa barengkok Serda Nusi setelah pemutaran film pengkhianatan gerakan G30SPKI di wawancarai oleh wartawan Gerbang Banten mengatakan bahwa menurutnya​ dalam kegiatan ini dilaksanakan bukan untuk membuka luka lama, melainkan untuk mengenang para jendral yang saat itu telah di khianati,di culik serta di bunuh oleh gerakan G30SPKI dan mengajarkan kepada generasi muda desa barengkok untuk selalu mengenang jasa para pahlawan nya “selain bertujuan untuk mengenang para pahlawan nasional yg gugur , kegiatan ini di laksanakan untuk mendidik masyarakat untuk mengetahui sejarah bangsa kita, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang telah mengenang jasa para pahlawan dan tidak melupakan sejarahnya” ungkap Serda Nusi, Babinsa Desa barengkok.(22/09/17)

Selain itu pada saat waktu yang berbeda kepala desa nagara Sarja dan Danramil 0219 Cikande kapten infanteri Wahyudi turut hadir di kampung Nagara kecamatan kibin berbaur bersama-sama​ dengan masyarakat desa nagara untuk turut menonton film pengkhianatan gerakan G30SPKI ini yang bertempat di halaman SDN 01 Nagara.

Kepala desa nagara Sarja saat di wawancarai wartawan Gerbang Banten saat pemutaran film gerakan G30SPKI tersebut mengatakan bahwa dirinya telah bersyukur dengan adanya pemutaran film pengkhianatan gerakan G30SPKI ini karena selain untuk mengenang para pahlawan nasional juga untuk mengajarkan sejarah bangsa Indonesia kepada generasi muda khususnya kepada masyarakat nya, dan masyarakat nya menyambut baik serta sangat antusias sekali menurutnya​, “Pihak saya dan pihak Koramil Cikande yaitu Babinsa Desa Nagara pak Nana mempersiapkan kegiatan ini satu minggu sebelumnya agar kegiatan pemutaran film ini sukses” ujarnya. (25/09/17)

Lanjut Sarja , menurut dirinya ada kekhawatiran dalam pemutaran film tersebut karena banyak adegan kekerasan yang tidak baik di tonton oleh anak-anak, diri nya pun menghimbau kepada para orang tua untuk mendampingi anak-anak saat pemutaran film tersebut di laksanakan “Saya berharap serta menghimbau kepada orang tua untuk senantiasa mendampingi saat pemutaran film tersebut berlangsung karena banyak adegan kekerasan” ungkapnya.

Danramil 0219 Cikande pada saat yang bersamaan mengatakan bahwa menurut dirinya masyarakat sangat mengharapkan pemutaran film tersebut ada di setiap desa, dan Masyarakat sangat menyambut antusias sekali dengan adanya kegiatan ini”saya akan memutar film tersebut di desa-desa yang ada di dua kecamatan yaitu Kibin dan Cikande” ujarnya. (Ratu Ratih/Lukman.K)

Bagikan di Media Sosial mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.